7 Ide Camilan Sehat untuk Balita

18 komentar

 

All varian. Doc: gonutify.com

Camilan sehat untuk balita sangat penting, terutama memberikannya tepat waktu. Camilan, bahkan dapat mengatasi lonjakan rasa lapar dan memberikan dorongan energi yang sangat dibutuhkan di antara waktu makan. 

Camilan dapat mencegah anak - anak yang lebih kecil menjadi sangat lapar, yang memungkinkan mereka mudah menjadi rewel. Camilan sehat untuk balita juga dapat mencegah anak - anak yang lebih besar makan berlebihan.

Rata-rata, anak Anda harus menikmati camilan atau makanan sehat setiap 2 hingga 3 jam. Artinya, tidak apa-apa memberinya 3 kali makan dan 2 hingga 3 camilan sehat setiap hari. 

Camilan Sehat Untuk Balita

Pulao Banana. Doc: gonutify.com


Meskipun Anda mungkin selalu kekurangan waktu, Anda tetap ingin memastikan bahwa si kecil mengonsumsi camilan yang sehat. Beli camilan sehat pun harus dipikirkan secara matang. Berikut adalah tujuh jenis camilan sehat untuk balita Anda.

1.Buah segar 

Apel dan pir potong adalah camilan yang enak untuk anak-anak yang menyukai sedikit rasa manis. Anda bisa menyajikannya dengan cara memotong-motong buah menjadi bagian yang kecil atau jadikan jus kental untuk menghindari dari risiko tersedak.  Anda juga bisa menjadikan blueberry dan potongan melon sebagai buah pilihan.

Pedoman mengonsumsi yang disarankan untuk anak - anak adalah dua porsi buah per hari. Tapi jika anak Anda aktif, saya sarankan untuk memberikan buah yang lebih banyak asalkan tidak membuatnya berhenti memakan makanan utama. Satu porsi buah sekitar setengah cangkir.

 2.Wortel

Banyak anak yang susah makan sayuran namun masih tetap suka wortel. Hal tersebut karena rasanya yang enak dan menyegarkan. 

Sayuran ajaib, kaya vitamin dan nutrisi, yakni  wortel, juga cukup enak untuk disukai balita. Wortel mengandung vitamin K, yang membantu dalam proses pembekuan darah dengan baik, dan vitamin B6, yang diperlukan untuk kulit, rambut, mata, dan kesehatan hati.

Berkat rasa manis alami dan konsistensinya yang mengenyangkan, jus wortel untuk balita ini pasti akan disukai oleh orang siapapun.

Anda bisa menemukan varietas rendah gula yang sebenarnya cukup sehat. Secara nutrisi, yogurt adalah makanan yang ideal untuk bayi dan anak kecil. Makanan ini baik sebagai sumber kalori, lemak, protein, kalsium, penting yodium, yang mungkin sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut jika Anda anak tidak makan ikan atau susu.


3.Granola Bars

Nutify. Doc:gonutify.com


Periksa labelnya dan pastikan Anda memilih varietas yang mengandung lemak sehat. Anda juga dapat menemukan banyak resep untuk bar buatan sendiri.

4.Keripik kacang

Jika anak Anda lebih suka makanan gurih, keripik kacang adalah pilihan yang bagus. Keripik mengandung empat gram protein per porsi dan sangat rendah gula.

5.Keju & Kerupuk

Meskipun terlalu banyak produk susu belum tentu baik, namun jumlah keju yang masuk akal dengan kerupuk yang sehat adalah camilan yang akan sangat disukai oleh banyak balita.

6.Sereal Kering

Chiareal. Doc: gonutify.com

Jika Anda benar-benar kehabisan waktu dan lemari es terlihat kosong, Anda dapat mengambil sekotak sereal dan mengisi Ziplock. Idealnya, sereal adalah salah satu yang menggunakan bahan-bahan alami dan rendah gula tambahan.

Makanakah camilan sehat untuk balita pilihanmu?

Dari ke-7 ide camilan sehat untuk balita, manakah yang biasa Anda berikan untuk balita Anda? Ingat untuk selalu memberikan cemilan sehat yang dapat memenuhi nutrisi balita Anda dan aman untuk dikonsumsi untuk balita. Jangan lupa untuk berbagi pengalaman Anda melalui kolom komentar, ya!

Related Posts

18 komentar

  1. Lucu2 desain kemasannya... Anak2 pasti tertarik

    BalasHapus
  2. Anakq suka nyemil buah kak, hampir semua jenis buah dia suka. Biarpun nggak banyak makannya tapi tetap tenang soalnya cemilannya udah sehat banget

    BalasHapus
  3. anak balita emang suka pilih-pilih makanan, jadi orang tua pun kita jadi putar otak gimana cari makanan dan camilan yang cocok buat anak. kalau aku suka granola bars :D *eh orang dewasa boleh juga kan makan camilan balita haha

    BalasHapus
  4. Sepupu sy masih suka ngemil serial kering, katanya lebih enak dmakan.. Tp kadang juga sy ikut makan klu engga habis.. Hahaua

    BalasHapus
  5. Terimakasih inspirasinya kak, anak saya kalau sayuran sbg cemilan langsung dimakan kurang suka. Jd mesti diolah jd makanan laun yg lebih enak

    BalasHapus
  6. Keponakanku yang masih balita lagi doyannya ngemil ini. Kadang emang bingung sih, anak balita sebaiknya dikasih cemilan apa ya? Emang kudu ada ide buat camilan sehat untuk balita. BIar nggak sembarangan.

    BalasHapus
  7. Wah, produk baru ya mom? Aku penasaran nih pengen beliin anak juga, bisa dibeli dimana nih nutify nya?

    BalasHapus
  8. Di antara enam camilan di atas, anakku paling sering makan buah sih buat camilan. Sama kadang mereka suka nyemilin keju juga.

    BalasHapus
  9. Wahh aku pernah beliin keponakan cemilan” gini mbak. Dan langsung salfok sih sama packagingnya lucu2 semua dan varian rasanya jga bnyak yg enak, sampe2 gak tau mau milih yg mana karena cemilannya kaya akan nutrisi semua

    BalasHapus
  10. Tampak enak banget camilannya... Sehat pula... Jadi pengen coba... Tapi ini mah bakal cepet habis karena dimakan bareng sama ibunya juga, hihihi...

    BalasHapus
  11. Ide yang menarik nih buat ponakan daku yg masih balita, biar ngemilnya bervariasi

    BalasHapus
  12. Bisa jadi pilihan cemilan sehat buat anak nih, secara sekarang banyak sekali produk di pasaran, dan kita sebagai orang tua harus bisa memilihkan anak cemilan yang tepat.

    BalasHapus
  13. Jaman sekarang jenis camilan untuk balita sangat variatif sekali ya. Selain buah-buahan dan sayuran yang jelas sehat, orangtua ga bingung lagi kalo mau pilih camilan, Praktis tinggal pilih.

    BalasHapus
  14. Wahh pas banget nih artikelnya untuk dibaca sama ipar saya yang sedang punya anak balita. Selama ini sering dikasi camilan buah dan bubur campur wortel. Belum pernah kayaknya dikasi Sereal kering dan keju. Lumayan bisa jadi referensi, terima kasih mba

    BalasHapus
  15. wah anakkulagi suka ngemil nih, kriuk2 nya apalagi pasti suka banget dia. bisa nih aku jadikan referensi

    BalasHapus
  16. Kalau keju anakku kurang suka, tapi kalau kerupuk, jangan tanya. Jadi, saya lebih sering nyediain buah segar aja sih. Mau aku coba nih yang sereal kering, siapa tahu anakku doyan.

    BalasHapus
  17. Wah, pas banget saya lagi cari camilan yang sehat dan enak buat dedek Nbi. Selama ini cuma lari ke biskuit kebanyakan karena kurang wawasan tentang camilan yang oke untuk balita.

    BalasHapus
  18. Noted banget nih, buat balita gak boleh sembarangan kasih Camilan ya mbak.

    BalasHapus

Posting Komentar