Accu jadi Poin Penting saat Service Motor

15 komentar

    

Servis Motor. Doc:Planet Ban


Accu jadi poin penting service motor termasuk matic, bukan hanya oli motor matic , tapi sayangnya bagian ini sering diabaikan oleh pemilik motor. Dalam beberapa kasus macetnya motor secara mendadak, disebabkan accu yang sudah rusak. Jika saja pemilik motor rajin memeriksa accu maka akan meminimalkan kerugian.


Sebaiknya pemilik motor juga memahami tiap detail bagian motor yang lain juga, jadi semata-mata agar tidak hanya mengendarai. Kalau pun tak ada waktu banyak, maka bisa mempercayakan pemeriksaan sekaligus penyedia servis motor.


Servis motor sendiri merupakan sesi penting dalam perawatan motor yang wajib dilakukan secara rutin. Apalahi setelah motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu maka diperlukan pengecekan kondisi motor.  Berikut penjabaran pentingnya sesi service dan bagian motor yang jadi poin penting. Silakan juga bila ada pengalaman saat service motor, bisa dibagi melalui kolom komentar.


Bagian Motor yang Perlu Diservis:


1. Accu atau Aki

Accu. Doc:Kompas

Accu atau Akumulator merupakan alat yang bisa menyimpan energi listrik dalam wujud energi kimia. Saat mesin motor menyala, maka terbentuklah tegangan aki pada angka 13,7 - 14,2 Volt. Bila kondisi aki sudah tidak layak atau terminal berkarat maka harus segera diganti di tempat servis motor.


12,3-12,6 Volt adalah angka ideal tegangan dalam kondisi mesin motor mati. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai angka ideal tersebut, atau ditemukan ada kebocoran, maka segera lakukan perawataan dan pemeriksaan secara detail. 


2. Busi


Busi.  Doc: CNN


Busi terhitung bagian motor yang paling familliar dikenal pemilik roda dua, istilahnya pengetahuan dasar part motor.  Mengganti busi menjadi keahlian awal dan terpenting pengendara motor. Fungsi dari busi sendiri untuk meneruskan aliran listrik koil yang menjadi percikan api di ruang bakar, sehingga mesin motor menyala. Jika busi rusak, maka proses dalam sistem pembakaran gagal.  Diperlukan penggantian busi secepatnya.


3. Oli Mesin


Pemilik motor diwajibkan melakukan penggantian oli motor secara rutin sesuai jarak tempuh motor yang sudah tercapai. Standart jarak tempuh penggantian ada di angka 2000, dan 3000Km. Hal ini juga tergantung merk dan jenis motor yang dimiliki, biasanya pihak servis motor akan memberikan info yang diperlukan. Oli mesin sendiri berfungsi sebagai pendingin, pelumas, dan pelindung mesin. 


Namun pada beberapa tahun terakhir ada pabrikan otomotif yang sudah rekomendasi penggantian sampai 5000km atau dua kali lipat lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan mereka sudah memasarkan oli menggunakan teknologi ester. Hal yang wajar kalo pabrikan tersebut kemudian mengklaim bisa dua kali lebih lama dari oli konvensional, karena base oil tertinggi di kelasnya.



4. Oli Gardan


Catatan penting bagi pemilik motor matic yaitu berkewajiban rutin mengganti oli gardan. Fungsi oli gardan  sendiri untuk melumasi gearbox di Continuously Variable Transmission (CVT). Bila tiap pabrikan mempunyai standart masing-masing waktu pergantian oli, maka ada standar pengantian oli gardan setelah jarak tempuh 8000-10000km. 


5.Kampas Rem


Kampas Rem. Doc:Kompas


Beberapa kali saya melihat kasus kecelakaan urung terjadi saat rem motor berfungsi baik. Tanda-tanda kampas rem motor perlu diganti antara lain lubang garis di kampas rem mulai menipis bahkan sudah memudar. Pastikan selalu memeriksa dan memastikan kampas rem selalu dalam kondisi aman.


6.Ban

Promo ban. Doc:Planet Ban

Salah satu aktifitas yang saya ingat tiap kali kakak hendak  pergi kerja, adalah memeriksa ban motor terlebih dahulu. Pemeriksaan ban jadi bagian yang rutin dan penting dilakukan secara teratur. Bukan sekadar memeriksa kondisi permukaan ban tetapi juga memastikan tekanan udara dalam ban. Sepeda motor bebek ada pada kisaran tekanan udara 26-29 psi pada ban depan dan belakang.


7.Tune up Motor Rutin


Mengecek kualitas busi, filter bensin, oli, karburator, penyetelan katup menjadi komponen yang rutin perlu diperiksa. Service rutin ini disebut juga servis motor tune up  yang meliputi tiga sektor: mesin, transmisi dan sasis.Tentu ahli mekanik di tempat servis akan memberi informasi menyeluruh dahulu sebelum mengerjakan perawatan motor. Terutama bila perlu adanya tune up yang mengharuskan pergantian oli gardan, oli mesin, atau penggantian sparepart dengan persetujuan pelanggan lebih dahulu.



8.Filter Udara

Filter Udara. Doc: Kompas

Filter udara jika. tidak diganti secara rutin maka dapat menyebabkan terganggunya proses penyaringan udara  dan menyumbat sistem injeksi serta karburator. Setiap 12.000-15.000 atau setiap 10 bulan sekali pada motor bebek. Pencucian filter udara memakai bensin akan mengakibatkan kerusakan, sehingga percayakan saja perawatan pada mekanik service motor.


Planet Ban Servis Motor Terbaik


Teman merekomendasikan tempat service motor yang sudah awal jadi dipercaya oleh keluarganya. Setelah saya memeriksa ke situs resminya, ternyata sudah terdapat  cabang di Yogyakarta. Antara lain Planet Ban Gejayan, Planet Ban Mergangsan, Planet Ban Dongkelan, Planet Ban Godean, Planet Ban TegalGendu, Planet Ban PB Wates. Demikian juga Planet Ban Seturan Sleman, Planet Ban Kalasan Sleman, Planet Ban FRC Raya Kaliurang, Planet Ban Imogiri.  Juga Planet Ban Kebon Agung, Planet Ban Ringroad Utara, Planet Ban AM Sangaji, Planet Ban Jln Magelang. 


Dengan sekian banyak cabang selain di kota lain seluruh Indonesia, maka tidak usah diragukan lagi tingkat kepercayaan masyarakat pada kualitas pelayanan di Planet Ban. Tag line yang diusung Planet Ban yaitu service motor rasa mesin baru. Hayo jadi penasaran apa maksudnya.


Servis motor rasa baru atau sistem servis terpadu meliputi  meng-upgrade ketahanan motor serta performa dengan biaya hemat tapi berkualitas. Oya saat pelanggan melakukan service motor di Planet Ban, menurut pengujian langsung, akan menurunkan kadar emisi sekitar 70%. Terbukti juga melalui Research & Development serta uji langsung, dengan penyemprotan cairan chemical sehingga mampu membersihkan tampak layaknya mesin motor baru.  


Keunggulan Sevice Planet Ban


Promo Oli.Doc:Planet Ban

Salah satu fokus pemeriksaan dan servis motor rasa baru di Planet Ban, yaitu memeriksa secara menyeluruh setiap bagian motor dengan maksimal. Termasuk part vital motor  yang letaknya tersembunyi serta jarang diservis rutin sehingga tak ada terlewat.


Sekarang, paham kan bagaimana pentingnya melakukan service motor secara teratur. Silakan menjelajahi situs resmi Planet Ban untuk mengetahui promo terbaru service serta cabang sesuai lokasi kota anda berada. Tinggalkan di kolom komentar tentang kesan dan pengalaman saat service motor ya. Terima Kasih.




Terbaru Lebih lama

Related Posts

15 komentar

  1. Bener, aki penting banget.. Awal bulan ini aku ganti aki motor, soalnya sering ngga bisa distater. Repot, klo motor matic mesti nge-slah manual. Takut mogok di tengah jalan juga vik.

    Btw, lengkap ya jenis layanan di Planet Ban. Sebagai konsumen tentunya makin seneng, karena ngga perlu jauh2 lagi nyari tempat untuk merawat motor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah motornya kakakku juga ga bisa distarter n

      Hapus
    2. ga bisa distarter juga, ternyata harus diserviskan ya. Otw wah infokan ke kakak.

      Hapus
  2. Wah service di Planet Ban ternyata lengkap banget ya mbak. Bisa service motor matic juga. Di deket rumah ada Planet Ban, besok mau aku coba untuk servis motor kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes nik, cabang di jogja juga dekat rumah. Tinggal 15 menit aja ke selatan dikit

      Hapus
  3. Servisnya komplit banget di Planet Ban, jadwal servis berikutnya ke sana aja lah

    BalasHapus
  4. Memang butuh diservis kok. Apalagi motor yang dipakai hampir tiap hari. Harus dirawat biar kedepannya ga makan biaya yg lebih banyak lagi.

    BalasHapus
  5. Bener banget ini Mba, aki harus banget dirawat. Pernah aki motor rusak pas di perempatan 😭😭😭
    Reminder banget ini…

    BalasHapus
  6. Nambah informasi banget nih, terutama bagi saya yg nggak biasa ngecek kondisi motor

    BalasHapus
  7. wah bener banget nih, perlu tahu urusan tentang oli motor matic biar motor matic jadi awet ya.

    BalasHapus

Posting Komentar