Jumat, 02 Desember 2016

Minuman dan Makanan Enak Khas Semarang


[Image:Lahiya.com]

Membahas kuliner asal Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya. Ada beragam makanan dan minuman tradisional yang mempunyai cita rasa nikmat di lidah. Kuliner Indonesia yang terkenal mempunyai rasa yang enak adalah sate, nasi goreng, ketoprak, rendang, seblak, batagor, sate lilit, nasi liwet, dan masih banyak lagi. Selain makanan enak minuman tradisionalnya juga terkenal mempunyai rasa rempah-rempah yang kuat dan dapat menyehatkan badan seperti wedang jahe, wedang ronde, bajigur, es cendol, dan beragam minuman tradisional lainnya.

Setiap daerah biasanya mempunyai kuliner khas yang menjadi cirinya dan merupakan kuliner wajib yang harus dicoba ketika berkunjung ke tempat tersebut. Salah satu daerah di Indonesia yang mempunyai beragam makanan dan minuman enak ialah kota Semarang yang merupakan ibukota dari provinsi Jawa Tengah. Salah satu makanan yang paling khas dan dikenal dari semarang adalah Lumpia.

Lumpia merupakan makanan yang mempunyai bau dan rasa yang sangat khas. Bau dan rasa yang beda itu berasal dari rebung yang merupakan salah satu isi lumpia. Sama halnya dengan durian yang mempunyai rasa dan bau yang khas, akan ada dua golongan yang tidak suka atau sangat menyukainya. Hal ini juga berlaku untuk lumpia, ada sebagian orang yang tidak tahan dengan baunya kemudian tidak ingin memakannya tetapi ada sangat menyukainya karena mempunyai rasa yang berbeda dari makanan yang lain.

[Image: semarangcoret.com]
Makanan enak khas dari Semarang selanjutnya adalah tahu bakso. Tahu bakso merupakan camilan khas atau lauk yang biasanya juga dapat dijadikan oleh-oleh dari Ungaran. Sesuai namanya makanan ini merupakan tahu yang mempunyai isian adonan bakso di dalamnya. Tahu yang biasanya diisi dengan bahan bihun yaitu tahu susur atau tahu pong yang berisi aneka sayuran kemudian dikreasikan oleh masyarakat dengan mengganti isi tahu dengan adonan bakso yang berupa tepung dan daging. Walaupun biasa dimakan sebagai camilan, tahu bakso juga dapat mengenyangkan sebagai lauk pendamping nasi atau dimakan langsung.

Kemudian ada makanan yang terkenal sebagai oleh-oleh khas Semarang yaitu bandeng presto. Makanan ini dapat ditemui dengan mudah di pusat oleh-oleh sekitar jalan Pandanaran di Semarang. Rasa bandeng yang gurih dan tanpa duri seperti bandeng pada umumnya membuat makanan ini terasa enak dan banyak dicari untuk oleh-oleh sebagai lauk dirumah. Makanan lain yang dapat ditemui di pusat oleh-oleh jalan pandanaran atau kota lama adalah wingko babat yang merupakan semacam kue tradisional dari ketan dan kelapa. Rasanya gurih dan manis menjadi paduan sempurna menjadi camilan sebagai teman minum teh atau kopi.

[Image:halosemarang.com]
Sedangkan untuk makanan besar bisa untuk mencoba tahu gimbal yang ada di kawasan simpang lima Semarang. Tahu gimbal merupakan makanan dari nasi atau lontong tahu yang dicampur dengan berbagai sayuran seperti kol dan tauge kemudian ditambah telur ceplok dan disiram dengan saus kacang. Rasa dari makanan ini sangat nikmat dan bisa pedas atau manis tergantung selera orang yang makan. Selain makanan enak, di Semarang juga ada satu minuman yang sangat terkenal dan wajib dicoba ketika ada di kota ini. Minuman tersebut bernama kopi klotok yang dapat ditemui di daerah Ungaran. Rasa ini minuman ini hangat dan sangat enak ketika diminum panas-panas di udara Ungaran yang dingin. Bagi yang ingin mencobanya bisa datang ke alun-alun Ungaran dan menikmati kopi klotok yang selalu ramai setiap malam.