Work From Home Selama Pandemi? Lakukan 3 Aktivitas Saat Jam Istirahat.

51 komentar
 
Work From Home. Doc: freepik

Work From Home (WFH) sudah menjadi hal yang biasa dilakukan bagi para freelancer yang bekerja di dunia digital. Tapi metode bekerja seperti ini tidak familiar bagi perkerja kantoran yang terikat jam kerja antara pukul 09.00-17.00 di belakang meja. Lambat laun karena terpaksa maka metode WFH ini diwajibkan oleh banyak perusahaaan agar tetap bisa beroperasi walau sedang menghadapi pandemi. Apakah anda menyelesaikan pekerjaan juga dengan metode WFH saat ini?

Dengan metode Work From Home, tentu ada banyak perubahan yang terjadi baik bagi pekerja yang sudah berkeluarga maupun single. Perubahan kondisi finansial juga terjadi misalnya penghematan uang bensin, dana kopi ataupun makan siang. Semua pengeluaran bisa dihemat atau dialihkan ke alokasi kebutuhan selama WFH.

Saya yang terbiasa menjalani Work From Home mempunyai 3 aktivitas wajib selama jam istirahat di antara jam kerja. Semata-mata agar semangat terus ada, refreshing serta kesehatan fisik dan mental tetap terjaga. Maklum selama WFH terkadang lebih terfosir pada target dan fokus pada pekerjaan hingga jam makan pun berkurang.

3 Aktivitas Selama Jam Istirahat WFH:

1.    Yoga

Yoga Duduk. Doc:freepik


Yoga sudah mulai saya lakukan sejak awal pandemic. Sebaiknya sih asana Yoga dilakukan tiga kali sehari yaitu sebelum sarapan, sebelum makan siang dan sebelum tidur atau dalam istilah lain dalam keadaan perut kosong. Tentu gerakan yang dipilih untuk dilakukan persesinya disesuaikan dengan waktu yang tersedia serta kondisi badan juga. Contohnya Anda bisa melakukan yoga sederhana selama 5 menit setelah WFH 2 jam atau sebelum makan siang.

Saya terbiasa bekerja di hadapan laptop sehingga leher terkadang kaku dan membutuhkan peregangan. Beberapa gerakan Yoga yang mencakup bagian leher, sangat membantu menghalau lelah pada otot. Rasanya leher menjadi lebih relax dan otomatis pikiran jadi hilang kusutnya. Anda bisa belajar gerakan-gerakan Yoga sederhana tersebut di kursus Yoga setempat atau melalui online dan merasakan  sendiri perubahan pada tubuh.

Jika memang punya waktu lebih, maka pelajarilah gerakan yang lebih kompleks tapi dengan bimbingan dari guru yoga terlebih dahulu. Karena tipe badan masing-masing berbeda hingga terkadang satu gerakan yoga perlu dilatih beberapa kali dahulu sebelum berlanjut ke gerakan lain. Jika anggota keluarga lain juga tertarik, tentu bisa juga diajak bersama melakukan gerakan yoga bersama.


2.    Main Game Online

Fasilitas Search. Doc: plays.org

Sejak kecil, saya terbiasa melihat kakak bermain game melalui komputer rumah setelah pulang dari sekolah. Saat jaringan internet sudah lebih lancar maka game online sudah tak asing lagi saya mainkan. Salah satu pelepas lelah yang termudah dan bisa dilakukan oleh dewasa maupun anak-anak. Apalagi beragam jenis dan tema game  tersedia bahkan game alat musik. Hal lain yang menyenangkan dari game online adalah  tidak perlu diunduh lebih dahulu sehingga memori komputer maupun ponsel tidak akan tersita.

Teman sekerja beberapa waktu lalu mengenalkan plays.org yang ternyata sudah dimainkannya terlebih dahulu bersama putrinya saat istirahat mengerjakan pekerjaan rumah. Ibu dan anak memang mempunyai hobi yang sama selain jajan mie ayam, haha. Dasarnya saya memang suka main game klasik maka judul permainan pertama yang diketikan di kolom pencarian web game online tersebut adalah Tetris. Silakan yang termasuk tim game klasik angkat tangan! Haha, sepertinya kita seumuran.



Choco Blocks Candy. Doc: plays.org

Saya mencoba bermain satu game yang terinspirasi dari Tetris yaitu Choco Blocks Candy. Sesuai namanya maka  blok yang harus disusun terdiri dari berbagai bentuk yang tidak hanya kotak. Misalnya ada yang berbentuk bulatan berantai, kotak yang retak sedikit, kotak putih maupun kotak warna-warni permen. Alhasil tingkat kesulitan memang meningkat tapi menyenangkan dan puas begitu sederet blok coklat habis.

Rasa puas juga dirasakan saat berhasil menyarangkan panah ke papan panahan di Bow and Angle Educational Geometry Game, karena memang di dunia nyata saya terkadang melakukan olahraga panahan bersama teman. Dont worry, ada tutorialnya kok sebelum masuk ke level selanjutnya.  By the way, kalian suka jenis game online apa sih?

3.    Karoke

Karoke. Doc: freepik

Saya bukan penyanyi sih, tapi bolehlah kalau sekedar satu dua lagu untuk pendengar pribadi alias sendirian di ruang kerja, haha. Kalau sedang lelah bekerja, maka saya memilih lagu-lagu yang bernada semangat atau memotivasi diri. Bisa dari penyanyi luar negeri maupun dalam negeri, baik yang masuk tangga lagu top 40 terkini ataupun yang sudah lama dirilis.

Terbukti memang setelah karoke, mood kerja saya kembali seperti awal bahkan jika diiringi hujan di luar rumah maka bisa bersemangat double. Maklum pekerjaan saya berhubungan dengan seni maka mood selama bekerja perlu dijaga agar stabil. Untuk genre tak terlalu pemilih, bisa saja mulai dari irama dangdut sampai musik rock. Beberapa hari ini, saya lebih memilih lagu-lagu dari India yang merupakan original sountrack film yang pernah ditayangkan di layar kaca.

Sebut saja Kal Ho Naa Ho dari film drama komedi roman berjudul sama dan dibintangi Shah Rukh Khan yang dirilis November 2003. Saat jam istirahat WFH bisa saja saya menyanyikan lagu tersebut beberapa kali sebelum jam makan siang, haha. Raatan Lambiyan menjadi judul lagu kedua yang juga kerap saya senandungkan beberapa kali, dan masih sama merupakan OST film India. Tentu anda bisa memilih sendiri genre lagu untuk dinyanyikan secara random sendiri atau mengajak rekan tim kerja karoke secara live streaming. Sudah pernah mencoba ide ini sebelumnya?

Kesimpulan

WFH. Doc: freepik

Tentu 3 aktivitas selama jam istirahat Work From Home ini bisa anda lakukan semuanya atau dipilih sesuai kondisi masing-masing.  Berlatih Yoga maupun bermain game online bersama pasangan ataupun anggota keluarga yang lain, tentu akan menambah semangat. Tentu saat hati kita bergembira maka imun tubuh akan meningkat dan kesehatan terjaga.  Oya, tulis pendapat. pengalaman, tips anda selama WFH di kolom komentar di bawah  ya. Terima kasih

Related Posts

51 komentar

  1. Main game di waktu istirahat bisa bikin rileks ya mbak. Kayaknya aku perlu coba main game juga nih kalau pas istirahat

    BalasHapus
  2. kalau aku nyambinya sambil ngurus rumah dan masak. kadang ngedrakor juga. asik juga kayanya kalau main game ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aha nonton drakor judul apa sekarang mba? Saya pecinta drakor juga

      Hapus
  3. work from home kalau aku ga ada jamnya, jadi nyambinya selain game juga nonton drakor

    BalasHapus
  4. Iya sih WFH itu emang banyak untungnya ya Kak.. Banyak penghematan yang bisa dilakukan, kalau dihitung lumayan bangetlah hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, apalagi sekarang mo pesan apa2 tinggal via ponsel atau laptop

      Hapus
  5. Aku juga suka main game buat selingan pas ngejar deadline. Asal enggak berlebihan aja, biar tetap ada fokus buat balik bikin tulisan, hehe. Kadang kalau kerja juga ditemani lagu biar enggak bosan.

    BalasHapus
  6. Aku ada jadwal WFH sama WFO, seminggu masuk 2x dan tiap minggu hari masuknya beda-beda. Menurut aku enak WFH karena kalau lagi nggak ada kerjaan yang nggak dikerjain bisa ngerjain hal lainnya, sedangkan kalau WFO itu pas enggak ada kerjaan ya cuman bisa nunggu.

    Kalau hemat lebih hemat WFO dari pada WFH karena kalau WFH bawaannya pengen nyemil terus hehe. Aku lebih sering ngabisin waktu kosong dengerin musik, atau baca buku selama istirahat, buat aku itu cara yang efektif buat refresing hehe

    BalasHapus
  7. Ya ampun pas wfo tu tiap ada jeda waktu dipakai ngemil2. Apa kabar timbangan #hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha asal olahraga dijabani juga mba, aman.

      Hapus
  8. WFH sekarang sudah menjadi bagian dalam diri kita semnjak dimasa pandemi. Tips diatas boleh dicoba nih supaya tidak jenuh saat WFH

    BalasHapus
  9. Emang sih kalau lagi WFH harus ada selingannya biar ngga bosen juga. Capek banget keforsir mulu. Untung ada game online plays.org bantu refreshing banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh mba, klo ga refreshing tar malah ga mood

      Hapus
  10. Biasanya kalo sambil kerja saya suka sambil dengerin lagu. Itu untuk pekerjaan santai. Tp kalo untuk pekerjaan yg membutuhkan konsentrasi saya suka kesunyian. Habis itu nyanyi2 kecil seru juga ya.

    BalasHapus
  11. Yoga dan main game ini paling sering saya lakukan, kalau karaoke belum pernah, bisa diketawain suami yang WFH juga hahahaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha sama2 suami juga wfh ny.Wah asyek tuh mba

      Hapus
  12. Poin nomor 2 paling cetar. Kalau main game rasanya langsung semangat kembali. Karaoke juga sesekali. Karaoke di rumah atau pakai aplikasi juga seru 🤭

    BalasHapus
  13. Bener ih aku jg kalau ngga diselingin game sebentaaar aja udah males dehh ga lanjut kadang kan bosen gitu yah

    BalasHapus
  14. Main game online sebagai selingan kerja, karaoke juga jalan terus. dan tentunya nonton film di streaming legal.

    BalasHapus
  15. aku diantara 3 kegiata =n di atas paling sering main game soalnya yoga aku nggak bisa dan urusan nyanyi suaraku fals banget jadinya nggak pernah pede karaoke. hihi

    BalasHapus
  16. Nah aku banget nih ketiganya ini. Aktivitas ini dapat meningkatkan mood dan mencegah terjadinya stress ya kak, terutama bermain game biar gak stress selama WFHnya

    BalasHapus
  17. Karaoke kayaknya seru tuh, soalnya bisa bantu lepasin beban sambil nyanyi kenceng. Terus udah deh lanjut kerja lagi karena udah refresh hehehe

    BalasHapus
  18. Main game emang jadi cara paling asyik selain dengerin lagu/harus tidur sejenak. Apalagi kalo gamenya ga pake aplikasi. Jd bs lgsg lewat browser di ponsel/pc kita. Enaaak tinggal pake. Stres hilang, penat pun berkurang��

    BalasHapus
  19. Aku juga freelancer, kak..sering bosen soalnya banyak di rumah. Jadi caranya sering2 olahraga akunya, ngobrol juga sama temen2 baru kalo pas jalan pagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. aha, sambil olahraga bisa curhat juga sekalian

      Hapus
  20. Main game online menjadi pilihan paling pas saat bosan kerja dari rumah. Lumayan bikin refresh pikiran, apalagi kalau lagi suntuk banget.

    BalasHapus
  21. Yeps.. kesimbangan tubuh dan kesehatan perlu mendapat perhatian khusus saat WFH ini. Bahkan, saya menyempatkan tidur 1 jam saat sempat atau setelah selesai menulis beberapa artikel, biar fresh lagi untuk menulis artikel dengan topik selanjutnya! :)

    BalasHapus
  22. Main game bisa jadi salah satu sarana refreshing ya Mbak. Sudah lupa saya. Soalnya terakhir main itu pas zaman kuliah. Hehe.

    BalasHapus
  23. Bener kak, biar gak penat sama kerjaan atau kelamaan duduk, kudu ada relaksasi yang asik biar tetep semangat yak

    BalasHapus
  24. Aku juga sering main game di plays.org, seru-seru gamenya. Apalagi via browser jadi gak perlu install aplikasi yang berat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, ga usah install itu mba jadi ringan di ponsel

      Hapus
  25. aku paling suka karoke hehehe :D penghilang stress

    BalasHapus
  26. Kalau aku biasnaya main game online. Karena kalau yoga rasanya kurang kalau cuma sebentar

    BalasHapus
  27. Aku main game Duo**n** doang Mba tapi udah bikin hepi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudku kemampuan otak n jariku cuma bisa itu doang...hehehe

      Hapus

Posting Komentar