Bermain plus Belajar bersama Danone AQUA di “Zona Kebaikan Air”


Dance AMIR. Doc:Riana D

Air mineral, apa yang anda pikirkan pertama kali saat mendengar dua kosa kata tersebut? Memang sudah sangat familiar, namun coba hitung sudah berapa gelas air mineral yang diteguk sedari pagi hingga menjelang tidur? Dua, lima atau delapan? Semua diperhitungkan sesuai usia, jenis kelamin, dan produktivitas masing-masing individu loh seharusnya.

Saya saat masih di bangku Sekolah Dasar pernah mengalami dehidrasi, sehingga tubuh protes, dan dokter menjadi tempat kunjungan.  Apa sih yang saya alami? Yang jelas kulit saya mengalami kekeringan, bahkan mengelupas secara massal di beberapa bagian tertentu. Saya juga mengalami kesulitan untuk fokus pada saat mengerjakan pekerjaan rumah dari guru, dan sederet keluhan yang lain. Apakah anda juga pernah mengalaminya?
 
Taman Pintar. Doc:Pribadi
Di samping beberapa obat, serta vitamin, dokter juga menyarankan lebih rajin minum air mineral yang pada saat itu minimal 5 gelas sehari. Ya memang seperti layaknya anak kecil, saya memang menyukai minuman manis terutama es sehingga konsumsi air mineral memang perlu ditambah. Hayu tunjuk jari siapa yang perlu lebih rajin minum air mineral!

 Zona Kebaikan Air

Peresmian Zona Kebaikan Air. Doc: Riana D

Saat menyaksikan acara peresmian Zona Kebaikan Air di Taman Pintar Yogyakarta, saya seperti mengalami kilas balik saat dokter menerangkan tentang dehidrasi.  Zona yang dulu pernah saya sambangi saat pertama kali di tempat wisata sekaligus pusat edukasi untuk anak-anak di Jogja. Dengan waktu tempuh sekiitar 5 menit dari jalan Malioboro, dan 10 menit dari Kraton Jogja, maka Taman Pintar mudah dijangkau saat studi tour maupun traveling. Anda sudah berapa kali ke Taman Pintar?

Oya semua informasi tentang pentingnya air mineral bagi kebutuhan serta kesehatan tubuh di Zona Kebaikan Air sudah lebih lengkap bahkan pengunjung diajak mengetahui lebih dalam mengenai bagaimana cara air mineral diambil dari sumbernya dan diolah. Benar, Zona Kebaikan Air memang sudah hadir sejak tahun 2013, dan dengan peluncuran kembali pada 8 April 2019 yang disupport langsung oleh Danone-AQUA, maka semakin lengkap modul-modul yang ada.

Terletak di lantai dua Gedung Kotak Taman Pintar Yogyakarta diresmikan kembali dengan penambahan beberapa fasilitas bar. Beberapa fokus pada edukasi seputar kebaikan dan pentingnya air mineral, menjaga lingkungan serta bagaimana mengelola sampah plastik secara bijak. 

Penambahan fasilitas serta modul tersebut yaitu:

Permainan Penggalian Sumber Air. Doc:Pribadi

1.Area edukasi Pilih, Jaga & Rawat(PIJAR)

   Area yang memberikan pengetahuan  secara detail dan mudah dicerna oleh anak-anak        tentang bagaimana sebaiknya menjaga kualitas dan kuantitas air.

2.Area edukasi Lapisan Tanah, Lapisan Kedap Air&Kedap Air Tanah Dalam.

3.Area edukasi Sumber Air.

4.Area gerakan Ayo Minum Air (AMIR).

  Area dilengkapi dengan modul-modul tentang program gerakan Ayo Minum Air (AMIR)  yang merupakan kerjasama antara Indonesian Hydration Working Group- Fakultas  Kedokteran Universitas Indonesia (IHWG-FKUI), Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh  Indonesia, dan didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik  Indonesia.

5.Area edukasi #BijakBerplastik.

  Area dimana terdapat penjelasan tentang bagaimana mengelola plastik secara bijak.  Di    area ini juga terdapat bantal yang merupakan hasil dari 24 botol plastik daur ulang. Keren    ya!
 
Bantal dari 24 Botol. Doc:Pribadi

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyudi dalam sambutannya mengatakan bahwa Taman Pintar dengan berbagai zona di dalamnya terus melakukan pengembangan tehnologi, dan pembaharuan. Konsep yang dihadirkan bertambah menyenangkan serta mendidik agar tidak membosankan. Oleh sebab itu pemerintah daerah sangat mendukung upaya pembaruan yang dilakukan Danone-Aqua.

Marketing Manager PT. Tirta Investama (Danone-Aqua), Jeffri Ricardo mengatakan sebagai merek kelahiran Indonesia, selama lebih dari 46 tahun selalu memberikan terbaik. Contohnya dengan penyediaan hidrasi sehat sekaligus memelihara keberlangsungan alam yang sejalan dengan visi Danone yaitu ‘One Planet One Health’. Danone percaya bahwa kesehatan masyarakat ditentukan oleh gaya hidup dan lingkungan yang juga sehat.
 
Kandungan air mineral. Doc:Pribadi
dr Tria Rosemiarti selaku Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-Aqua) menjelaskan tentang pentingnya kesadaran sejak dini tentang  menjaga pemenuhan hidrasi yang sehat. Dengan kerjasama bersama Taman Pintar yang pada Desember 2018 telah tembus dikunjungi satu juta wisatawan, maka program mendorong kebiasaan minum air mineral tentu lebih massif lagi.


AQUA Peduli

Sebagai infomasi, AQUA juga mempunyai program AQUA Peduli yang sudah ada sejak tahun 2013. Selain  berinisiatif mempromosikan daur ulang pertama, juga sudah dapat mengumpulkan 12.000 ton plastik setiap tahunnya. 6 Recycling Business Unit menyebar di Indonesia terbukti mampu menciptakan keuntungan ekonomi juga bagi ribuan pemulung serta para pendaur ulang. Selain dari aktivitas tersebut, aspek penanaman kesadaran untuk menjaga lingkungan sejak diri salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan Taman Pintar.
 
Rumah sumber AQUA. Doc: Pribadi
Saya sendiri akan mengunjungi kembali  Zona Kebaikan Air karena memang suasananya nyaman untuk belajar sambil bermain. Dijamin keponakan, putra-putri, ataupun anak murid sekolah anda pasti setuju dengan pendapat saya. Taman Pintar Yogyakarta sendiri buka dari Selasa sampai Minggu pukul 09.00-16.00 WIB. Yuk bermain plus belajar di Zona Kebaikan Air!



Author

vika vika Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

32 komentar

  1. Zona kebaikan air ini bermanfaat banget ya mb...untuk menanamkan kebiasaan sehat pada anak..

    BalasHapus
  2. Mbak, aku jadi pengen kesana sama Nimas..sepertinya seru sekali bisa ke wahana edukasi zona kebaikan air

    BalasHapus
  3. Taman Pintar tuh tempat favorit banget buat anak-anak. Ponakanku dari karawang sampai nggak bosen ke sini, padahal udah 2x. Sekarang tambah zona baru lagi ya. Mantapp deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. weih terkenal di seluruh indonesia ya.Keren ponakanmu loh

      Hapus
  4. Aku dong, betah banget main2 di zona kebaikan air. Semacam masa kecil kurang bahagia. Hahaha..... Ya maklum lah jaman aku kecil belum ada Taman Pintar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, sampai foto-foto di semua sisi ya mba

      Hapus
  5. Keren nih. Jangan cuma ajak keponakan, mantan atau gebetan boleh loh digandeng kesini 🥳🥳

    BalasHapus
  6. Saya jadi pengen ke Taman Pintar kayaknya seru ya main di sana :)

    BalasHapus
  7. Minum air putih kalau bawa tumblr sendiri makin keren ya. Jadi gogreen juga kan.

    BalasHapus
  8. kalo bocah usia dewasa boleh dateng kak? perlu bimbingan orang tua juga nggak kalo main di wahananya? kalo perlu saya mau minta ditemenin mba vika kesana hahahahahahahahaha

    *KABOR SEBELOM DISAMBIT PAKE SENDAL JEPIT*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, awas ya kalau lari pas kukejar

      Hapus
  9. Mau juga dong dibagi misalnya punya pengalaman dengan daur ulang plastik. Sepertinya boleh juga tuh diajarin cara buat bantal botol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide bagus nih biar nambah pengetahuan

      Hapus
  10. Wahhh aku tuh pengen maen ke Area edukasi Lapisan Tanah, Lapisan Kedap Air&Kedap Air Tanah Dalam, Area edukasi Sumber Air, dan Area gerakan Ayo Minum Air (AMIR) ngajakin ponakan dan anak tetangga biar tambah pinter

    BalasHapus
  11. Aku jadi pengen kesanaaa~ Tempatnya boleh dimasuki usia dewasa kahh?? Atau aku nyamar aja jadi emak2 dan bawa anak orang ke sana, hihihi

    BalasHapus
  12. Zona Kebaikan Air ini menjadi wisata edukasi baru yang penting untuk diketahui oleh masyakarat karena air merupakan kebutuhan dasar manusia.

    Fasilitas yang diberikan juga menarik.
    Jadi semua kalangan bisa datang untuk mendapatkan pencerahan.

    Salam Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, kadang yang terlihat remeh itu hal terpenting. Thank u kak sudah komen

      Hapus
  13. Tak hanya anak-anak, orangtua pun pasti suka dan betash berlama-lama di tempat yang mengedukasi dan menghibur seperti ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes mba, sepaket bisa ke taman pintar

      Hapus
  14. Ingat air minum, yaaa ingatnya AQUA :D
    Btw jadi pengin ajak Dimas main ke Taman Pintar dehhh..

    BalasHapus
  15. Aaaakkk asyik banget event iniii. Sayang banget waktu itu aku nggak bisa karena pas jam kantor. Cakep banget deh cara AQUA menyosialisasikan seputar manfaat konsumsi air buat para pengunjung Taman Pintar. Audiens nya Taman Pintar kan kebanyakan anak-anak yah. Jadi harus menarik juga cara penyampaiannya. Dan beneran menarik! Cakeeep <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, penyampaiannya santai, ringan dan bikin gampang diingat

      Hapus
  16. keren niy CSR nya Danone. bisa jadi salah satu wisata edukasi juga ya buat anak-anak di Jogja dan seluruh Indonesia. terima kasih juga sudah mengingatkan kebutuhan air minum setiap harinya Mba Vika. tulisannya keren detail ya, gara-gara baca ini baru tahu ternyata udaha da ya sebelumnya zona air ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mba, yuk semakin displin minum air mineral

      Hapus

Posting Komentar