PRUvolunteer Prudential di Selopamioro Yogyakarta Bukan CSR Biasa

  

Pruvolunteer. Doc: Pribadi

Prudential dan Corporate Social Responsibility (CSR), apa yang kita pikirkan saat pertama kali mendengarnya? Benar, pada umumnya Corporate Social Responsibility (CSR) dipandang sebagai kegiatan sosial perusahaan, sedangkan Prudential adalah perusahaan jasa asuransi besar yang terkenal berkomitmen.

Sebagaimana sebaiknya memandang sesuatu dari helicopter view, maka dengan program CSR atau Tanggung jawab Sosial, masyarakat akan mengetahui kualitas serta kinerja perusahaan bukan hanya dari deretan angka bursa saham. Anda mendapat tugas dari pimpinan untuk memberikan ide CRS? Program CSR Prudential berikut menjadi contoh yang bagus.


Corporate Social Responsibility (CSR)




Team Pruvolunteer. Doc:Pribadi


Perusahaan baik rencana maupun implementasi lapangannya selalu menyenangkan untuk dibahas terlebih diliput bagi saya. Kita menjadi saksi sejauh mana sebuah perusahaan memang memiliki kepedulian lebih kepada masyarakat. Jika perusahaan peduli dengan masyarakat umum yang mungkin belum menjadi nasabahnya, maka perhatian serta pelayanan kepada nasabahnya sendiri pasti lebih baik lagi.


Bentuk Corporate Social Responsibility:

1.Pendidikan
2.Kesehatan
3.Penelitian
4.Ekonomi.



 PRUuniversity


Bentuk rumah yang sudah dibangun. Doc:Pribadi


Kali ini saya mendapat kesempatan emas dengan menjadi bagian dari salah satu dari program Corporate Social Responsibility Prudential dengan PRUuniversity. Implementasi dari PRUuniversity adalah Program Kepemimpinan dan Sosial dari Prudential Indonesia dengan mencangkup beberapa kegiatan. Salah satu kegiatan yang selalu diadakan setiap bulan adalah Leadership Immersion Programme dengan PRUvolunteer menjadi sesinya.

Salah satu dari agenda PRUvolunteer sendiri terdapat sesi khusus dimana para staf Prudential diberi kesempatan memberikan andil secara nyata dalam program membangun rumah di lokasi yang sudah dipilih. Untuk kegiatan PRUvolunteer Asia sendiri yang sudah berjalan sejak 2009 dan sudah diikuti lebih dari 600 staf Prudential dari seluruh Asia.




PRUvolunteer Indonesia




Rumah sebelum dibangun. Doc:Pribadi


PRUvolunteer 
Prudential Indonesia sendiri merupakan salah satu kegiatan dari program induk yaitu Leadership Immersion Programme PRUuniversity yang diadakan 26 April 2019. Kegiatan ini merupakan batch ke 8 atau batch terahkir dimana diikuti 45 staf dari Prudential Indonesia. Untuk setiap batch sendiri diikuti rata-rata lebih dari 40 orang setiap bulannya sejak September tahun 2018.

Total peserta sebanyak 370 orang terdiri mulai tingkat direksi hingga manajer Prudential Indonesia sehingga motivasi menuju PRUsynergy semakin terangkai. PRUsynergy sendiri merupakan langkah dari PRUuniversity untuk memastikan semua anggota keluarga perusahaan Prudential semakin tangguh, berwawasan luas dan berkesadaran sosial tinggi.



Habitat for Humanity Indonesia


Rumah yang sudah dibangun. Doc:Pribadi

Dengan menggandeng Habitat for Humanity Indonesia maka PT Prudential Life Assurance berhasil menyaring dari 40 proposal yang diajukan masyarakat, menjadi 30 kepala keluarga yang tersebar di desa Silok, Kajor Wetan, Kajor Kulon, Lanteng dan Djetis. Pemilihan 30 Kepala Keluarga  di Selopamioro sendiri dihasilkan dengan melewati beberapa tahap seleksi.

Tahap seleksi awal:
1.Seleksi administrasi
Mulai dari lengkapnya Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan berbagai kelengkapan yang dimasukan dalam form khusus.

2.Tingkat ekonomi kepala keluarga.
Maksimal perbulan penghasilan per kepala keluarga Rp2.000.000,00

3.Kejelasaan lahan yang dipakai
Lahan tanah yang akan dibangun harus jelas, mulai dari akta tanah hingga pembagian warisan. Hal ini agar rumah permanen yang akan dibangun tidak menimbulkan sengketa di kemudian hari.

4.Kondisi rumah serta jumlah anggota keluarga
Pada umumnya, rumah penduduk Selopamioro terbuat dari Gedeg (anyaman bambu) sehingga mudah rusak bila terkena hujan atau angin. Lantainya langsung bersentuhan dengan tanah atau tidak diberi alas berupa semen ataupun keramik.

Tahap seleksi awal tersebut kemudian harus mendapat pengesahan dari para pemangku jabatan setempat, pihak terkait serta diajukan pada rapat public sebelum lolos seleksi. Semua tahapan tersebut dilaksanakan oleh Community Officer (CO), Community Surviver (CS), Finance, serta koordinator utama dari Habitat for Humanity Indonesia sebelum diajukan kembali kepada PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia)


Selopamioro



Proses pengecatan 1. Doc:Pribadi



Program PRUvolunteer di Indonesia sudah diadakan di dua daerah yaitu Padang Sumatera saat bencana alam 2014 dan Selopamioro Imogiri Bantul Yogyakarta 2018. Daerah Selopamioro dipilih karena termasuk daerah yang paling tertinggal di Yogyakarta dengan mata pencaharian dari penduduk setempat rata-rata buruh tani, dan tukang bangunan. Sebagian juga hanya mengandalkan penghasilan  tak seberapa dari menjaga ternak tetangga.

Saat saya sampai di dusun Konjor Wetan, memang akses menuju rumah penduduk di lereng masih berupa batuan sungai serta tanah.Hujan deras juga menyebabkan air sungai meluap serta meruntuhkan jembatan yang menjadi penghubung. Untuk air minum, para penduduk mengandalkan pipa air yang terhubung ke sumber mata air dari beberapa Sendang yang berlokasi cukup jauh dari pemukiman. 


Kegiatan PRUvolunteer



Proses pengecatan 2. Doc:Pribadi

Para PRUvolunteers dibagi menjadi 7 kelompok dengan lima sampai enam orang di dalamnya, dan salah satu menjadi tim leader. Setiap kelompok dibagi tugas berbeda antara lain membangun rumah, dan mengecat tembok yang tersusun dari bahan batako. Yang membanggakan adalah ikut serta President Director Prudential Indonesia Jens Reisch dalam tim Pruvolunteer. Sedianya kegiatan ini akan membantu pembangunan dari 3 rumah terahkir dari 30 rumah yang sudah direncanakan.

Sesi pertama dilaksanakan mulai pukul 9.30-11.15 WIB. Bukan hanya diikuti oelh peserta, namun juga dibantu pemilik lahan, serta dipandu oleh satu Communnity Organizer (CO) dari Habitat for Humanity Indonesia. Saya sendiri mendapat kesempatan untuk bergabung di tim yang mendapat tugas untuk memberi warna pada tembok rumah.

 Material rumah yang di danai:

     1.  Asbes untuk atap
     Bahan asbes yang dipakai mempunyai kualitas yang bagus.

     2.  Tembok Batako

3. Jendela
Pemilihan arah penempatan jendela diserahkan pada pemilik rumah.

4. Pintu Kayu
Baik digunakan sebagai pintu depan, pintu belakang maupun pintu toilet

5. Stok semen

6. PerlengkapanToilet
Dilengkapi dengan bak mandi, tempat toilet jongkok, lantai keramik serta saluran air.

7. Keramik
Baik yang digunakan sebagai lantai setiap ruangan di rumah induk maupun di toilet.

8. Cat serta perlengkapannya
Warna cat awal adalah krem, namun para pemilik rumah diiberikan kebebasan untuk memberikan sentuhan dekorasi warna jika rumah sudah resmi diserah terima.

9.Sistem sirkulasi udara
Bukan hanya material, namun juga edukasi kepada pemilik rumah tentang fungsi dan perawatan

10.Pipa saluran septic tank
Lokasi penempatan septic tank disesuaikan dengan lahan yang dipakai.

11. Alat bangunan

Sesi kedua kegiatan PRUvolunteer kemudian dilanjutkan setelah ibadah jumatan serta makan siang. Saya sendiri melihat para peserta PRUvolunteer begitu bersemangat membantu pengerjaan pembangunan rumah, bahkan tak segan belajar terlebih dahulu kepada pemilik lahan.



Serah terima 30 kunci




Lingkungan rumah yang dibangun. Doc:Pribadi


Kegiatan PRUvolunteer kemudian ditutup dengan acara acara penyerahan kunci rumah dari pihak Prudential kepada 30 kepala keluarga disaksikan oleh Bupati Bantul Drs. H Suharsono pada pukul 15.00 WIB. “Atas nama pemerintah daerah Bantul, kami menyampaikan terima kasih atas inisiatif yang dilakukan Pudential Indonesia dengan Habitat for Humanity Indonesia dalam membangun rumah warga.”

Dalam sambutan balasan dari Susanto Samsudin sebagai National Director Habitat for Humanity Indonesia, “Kami sangat senang bekerja sama dan mendapat bantuan dari Prudential Indonesia. Hari ini tim relawan kami bersama karyawan Prudential terus bergotong royong bukan hanya membangun rumah yang layak huni namun juga menumbuhkan rasa optimis dalam menjalani kehidupan sehari-hari.”


Prudential Always Listening Always Understanding


Penyerahan 30 Kunci Rumah. Doc:Prudential

Dari wawancara dengan penduduk setempat, saya memperoleh informasi bahwa program Corporate Social Responsibility (CSR) Prudential  dengan PRUvolunteer terbukti bukan hanya sebagai Community Investment, namun juga membantu penduduk baik dari segi  ekonomi, edukasi, dan kesehatan. Dengan rumah layak huni dengan sistem sirkulasi udara, penggunaan septic tank yang benar, serta sistem pencahayaan rumah maka tingkat kesehatan penghuni akan terjaga.

Dengan pembangunan rumah kayak huni, maka penduduk bisa berkonsentrasi untuk mempergunakan penghasilan utamanya untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Misalnya pak Khairul yang sudah mendapat bantuan pada tahap sebelumnya, bisa mempergunakan modal pribadi dari hasil penjualan sawah yang sedianya untuk membangun rumah sebelum dibantu, menjadi modal wirausaha kontraktor skala kecil.

Memang Prudential Always Listening Always Understanding




.



Author

vika vika Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

43 komentar

  1. Seru ya mb acaranya.. Keren juga menggabungkan program CSR dengan pelatihan leadership untuk karyawan Prudential ini. Ibarat sekali merengkuh dayung 2-3 pulau terlampaui...

    BalasHapus
  2. Balik ke sini kemarin langsung ingat jaman kita dropping bantuan pas Siklon Cempaka 2017 lalu, mbak. Lokasinya deketan kan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, satu area hanya beda lereng saja.

      Hapus
  3. Dengan rumah yang layak huni ternyata juga bisa meningkatkan kesehatan juga ya. Sanitasi jadi lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas, jadi semua mencakup dalam satu kali kegiatan

      Hapus
  4. Kegiatan yang positif banget . Bermanfaat banget untuk yang memberi maupun pihak penerima.. salut untuk prudential dan habitat for humanity

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes mba, mantul pokoknya keduanya

      Hapus
  5. asik 30 rumah langsung dapet kunci!
    ini bener-bener program yang tepat sasaran sih menurutku. langsung menyasar soal rumah yang mana ini isu yang sangat penting bagi warga kurang mampu di jogja. salut sama prudential

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren yak, langsung tepat pada sasaran

      Hapus
  6. Aaaakkkk nyesel nggak bisa ikutan event iniiii. Tapi beneran deh, keren banget programnya ngajak blogger-blogger buat ikut ngerasain seberapa berharganya sebuah tempat tinggal dengan ikut ngebangun rumah di sana. Semoga next time ada event serupa yang lebih oke lagiii :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. next semoga ada lagi ya kelanjutan program ini

      Hapus
  7. Barutau cara seleksinya. Kirain diajuin sama Lurah gitu aja. Status tanah itu memang penting banget biar nggak malah nambah masalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes mba, aku juga pikir begitu awalnya. Butuh waktu lama ternyata

      Hapus
  8. Lengkap bangetttt tulisannya. Gak kalah seru ternyata temen2 yg dpt jatah ngecat. Tadinya kupikir bakal krik krik kerna personil lebih dikit. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe semua seru mas, apalagi pas foto-foto

      Hapus
  9. Mantap ini mah, CSR nya nyata buat karyawan dan masyarakat

    BalasHapus
  10. Waah seruuu..anakku pasti suka kalau ikutan acara begini, tapi malah ngerusuh nantinya ya. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, yang badannya bongsor ya kaya 17 th

      Hapus
  11. Hhmmm, program CSR nya boleh juga tuh.. dan yang paling seru mereka melibatkan para blogger pada programnya, pelaksanaannya dapet, publikasinya dapet...

    BalasHapus
    Balasan
    1. paket komplit pokoknya, sekali merengkuh dayung

      Hapus
  12. bagus ya CSR nya Prudential, dan keren-keren bloggernya ikutan volunteernya maksimal banget ya

    BalasHapus
  13. wii mbak vika ikutan ngecat, hehe. seru ya mb kayaknya. capek nggak mb?

    BalasHapus
  14. Wahh beneran ini keren acaranya prudential terjun langsung ke masyarakat dan manfatnya juga langsung bisa dirasakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes keren abis loh, CSR nya tepat pada masyarakat yang membutuhkan

      Hapus
  15. Sip, deh programnya. Seleksinya juga detail banget sampai memperhatikan kepastian lahannya milik siapa. Berarti yang diberi bantuan sudah punya lahan sendiri ya?

    BalasHapus
  16. CSR sekarang jadi semacam salah satu media terdepan untuk mengenali seberapa besar kepedulian perusahaan ke lingkungan sekitar ya mb, suamiku pun kerja di bidang CSR ini, kerjaannya gak jauh-jauh dari yang mbk Vika tuliskan disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya to mbak, keren oiii. Salam semangat buat suami mba ya, kerenn.

      Hapus
  17. Semoga yang begini peduli masih selalu ada dan akan tetap ada. Kalau bisa semakin hari semakin banyak, karena semakin hari juga makin banyak yang harus dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. aminnnn, biar semua lapisan masyarakat mendapat rumah layak huni

      Hapus
  18. Aku bisa ikutan dapet bantuan rumah gakyaaa

    BalasHapus
  19. Wah keren acaranya. Mengajak yang muda2 untuk mau "berbagi". Semoga bermanfaat & tepat sasaran ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes mba, aku termasuk muda loh, haha

      Hapus
  20. Semoga makin banyak masyarakat yang terbantu dan mendapatkan manfaat dari program CSRnya Prudential ini ya.

    BalasHapus
  21. Keren pada jadi relawan. Pasti kemringet ya? Jadi tahu susahnya bangun rumah. Pru oke ya csr nya

    BalasHapus
  22. Wah, ini sih CSR paket komplit mba. Nggak hanya dibangunkan rumah yang layak. Tapi ada program penunjang lain.

    BalasHapus
  23. Aku ikut bahagia terjun jadi relawan CSR Prudential ini. Jadi ikhtiar buat nantinya nyusul bangun rumah. Aamiin

    BalasHapus

Posting Komentar