Fakta Penggunaan Internet dan Pentingnya Forum Sosialisasi Kepatuhan terhadap HAKI


Fakta Internet. Doc; Kominfo

Fakta penggunaan Internet di Indonesia apakah sudah anda  ketahui sebelum beberapa informasi berikut saya sertakan? Kita sebagai warga negara bagian dari pengguna Internet yang disurvey. Apalagi blogger yang sangat berdekatan dengan dunia internet, bahkan diharapkan  menjadi pembeda dengan pengguna.

Beruntunglah saya dan 20 teman tergabung  Komunitas Blogger Jogja (KBJ) menjadi peserta dalam Forum Sosialisasi Kepatuhan terhadap Hak Kekayaan Intelektual Yogyakarta. Tepatnya 25 Juli 2019 dengan tagline #cerdashukum dan #forumHKIkominfo dihelatkan di Sheraton Hotel Jl. Laksda Adisucipto Yogyakarta.

Forum Sosialisasi Kepatuhan terhadap HAKI

Indonesia Raya. Doc:Pribadi

Forum Sosialisasi Kepatuhan terhadap HAKI yang dimulai pukul 10.00 WIB dihadiri 200 peserta dari kalangan mahasiswa, pemilik UMKM, Blogger serta pelaku seni. Para pemililik UMKM mempresentasikan hasil usahanya di meja depan sehingga bisa melakukan tanya jawab mengenai produk bila diperlukan.

Setelah pembukaan acara dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya maka sesi pertama dimulai. Adapun pemateri Kasi M kerjasama lembaga non pemerintah dan monitoring  Kementerian Hukum dan Ham yaitu H.Handi Nugraha, SH,MH memberikan materi  “Sosialisasi Regulasi dan Fasilitasi Pendaftaraan HKI”
Produk UMKM. Doc:Pribadi


Banyak informasi yang sebelumnya belum saya ketahu misalnya  mengenai produk atau karya apa yang bisa dilindungi sebagai KI( Kekayaan Intelektual) yang ternyata tidak semua hasil karya dilindungi. Hanya produk atau hasil karya yang memenuhi syarat undang-undang saja yang bisa dilindungi sebagai KI.

Fakta Penggunaan Internet Indonesia

Bambang Gunawan. Doc:Pribadi

Pembicara kedua dengan tema Pentingnya Kepatuhan HKI bagi Pemilik UMKM di Yogyakarta dibawakan Drs. Bambang Gunawan,M. SI selaku Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi yang mengupas fakta penggunaan internet Indonesia.


Tentu saja tehnologi selalu mempunyai sisi positif dan negative tergantung dari penggunanya. Berikut saya sertakan beberapa materi yang diulas tiga pemateri tentang aspek positif maupun negative.

Sesi pertanyaan. Doc:Pribadi

Fakta:
1.Kebanyakan jasa layanan internet yang dipakai adalah sosial media baik melalui gawai maupun laptop.
2. Pemanfaatan positif Internet: Komunikasi, Rekreasi, Informasi, Referensi, Transaksi dan Edukasi
3. Pengguna internet terbesar di Indonesia pada usia 19-30 sebagai sarana berwirausaha, menonton youtube dan musik.

4. Terdapat 355.5 juta gawai digunakan di Indonesia.
5. Bisa hidup tanpa ponsel hanya selama 7 menit
6. Akses internet sampai 8-11 jam sehari
7. 85 % penduduk Indonesia mempunyai ponsel namun minat baca ada pada peringkat ke 60 dari 61 negara

Peserta. Doc:Pribadi


Kemudian ada pertanyaan mengapa penting bagi kita untuk mengetahui mengatur HKI di Internet. Jawabannya  karena dalam 1 menit bisa diupload video atau karya di media internet maka HKI menjadi pelindung karya kita.

Author

vika vika Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

19 komentar

  1. Jadi mari kita daftarkan kuot kuot yang kita punya. Materinya bagus ya kak, moga bisa jumpa paknya lagi

    BalasHapus
  2. Produk umkm nya ada tas laptop ijo lucu. Iya punya hp 80% kabarnya minat baca rendah. Sedih ya. Tapi kalau baca status sosmed masuk kah? Hmm

    BalasHapus
  3. He, he faktanya orang nggak bisa hidup tanpa internet sekarang. Semua serba butuh internet.

    BalasHapus
  4. Aku bingung mau berkomentar apa? Cuma inginku, main internet dan baca buku sama porsinya

    BalasHapus
  5. wah kayaknya keren acaranya..
    harus sering sosialisasi nih tentang kesadaran HAKi apalagi di internet. Kadang orang mikir asal ada di Mbah Google aja bisa bebas dipakai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes mba, harus diperbanyak frekuensinya

      Hapus
  6. kalo konten blog kita dicopas sama blogger lain gitu gimana mb? sempat dibahas nggak di sana?

    BalasHapus
  7. bisa hidup tanpa gadget hanya selama 7 menit? mmmmm akuuu enggak, tapi biasanya kasih rentang waktu pegang jam sekian ampe sekian, nah itu bisa dari hape, laptop, tv nyala semua, wkwkkw. Tapi begitu berhenti, udah total stop ditinggalin semua sampe beberapa jam

    BalasHapus
    Balasan
    1. weih keren mba, kalau aku perjuangan tenan

      Hapus
  8. Ternyata jumlah gawai jauh lebih banyak daripada jumlah penduduk Indonesia yaa..

    BalasHapus
  9. Waaahhh mantap mbak, aku sendiri tak bs lepas dr gadget

    BalasHapus
  10. Dengan melek HKI semoga etika para konten kreator juga semakin ada, misalmya dengan memyebut sumber bila kita mengutip tulisan orang lain ke dalam blog kita.. Acara yang bagus..

    BalasHapus

Posting Komentar