Pancasila Tetap Penting bagi Generasi Milenial di Era Revolusi 4.0

Pancasila. Doc: wikipedia

Pancasila apakah masih penting bagi generasi milenial Indonesia? Hal ini yang selalu dikemukakan oleh para kaum muda yang merupakan generasi penerus Indonesia. Saya beruntung karena mendapat kesempatan mengikuti 
Forum Aksi Pendidikan Karakter Pancasila diikuti 150 peserta baik dari kalangan mahasiswa, komunitas dan blogger di Ballroom Hotel UNY Yogyakarta pada 9 Agustus 2019.

Sebelum membahas tentang Forum Aksi Pendidikan Karakter Pancasila, mari kita ingat lagi tentang sejarah Pancasila. Tentu saja tidak lepas dari  tema: Kita Indonesia Kita Pancasila "Semangat Gotong Royong, Kebhinekaan, Persatuan dan kesatuan Menuju Indonesia Maju."

Pancasila

Indonesia Raya dinyanyikan peserta. Doc: Pribadi

Pancasila merupakan ideologi dasar yang mendasari semua lini dalam kehidupan bagi negara Indonesia.  Bagaimana asal muasal nama Pancasila?Pancasila terdiri dari dua kata dari Sansekerta yaitu : pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Dari nama Pancasila, kita tahu bahwa Pancasila merupakan rumusan kehidupan seluruh rakyat Indonesia.

Peresmian Forum. Doc:Pribadi

Panca Sila dikemukakan pada tanggal 1 Juni 1945 oleh Presiden Sukarno dalam pidato spontannya dengan Judul : Lahirnya Pancasila". Sukarno mengemukakan dasar-dasar sebagai berikut:
1. Kebangsaan Indonesia; 
2. Internasionalisme atau Peri-Kemanusiaan; 
3. Mufakat atau Demokrasi. Dasar perwakilan, dasar permusyawaratan; 4. Kesejahteraan Sosial; 
5. Ketuhanan. 
Berikut sekelumit pidato Presiden Sukarno pada tanggal 1 Juni itu:
Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan, dan ketuhanan, lima bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa - namanya ialah Pancasila. Sila artinya asas atau dasar, dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.

Atas dasar peristiwa bersejarah tersebut maka pada tanggal 1 Juni 2016 Presiden Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 mengenai Hari Lahir Pancasila dan menetapkannya sebagai hari libur nasional serta berlaku mulai tahun 2017

Peserta forum. Doc:Pribadi

Makna sila Pancasila

1.Ketuhanan Yang Maha Esa

Dengan simbol Bintang, maka sila pertama ini jadi landasan pertama bagi kehidupan beragama di seluruh wilayah Indonesia dan berlaku bagi seluruh warga negaranya.

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

Bersimbol Rantai Emas. Simbol ini bisa berarti persamaan setiap warga negara di mata hukum, kewajiban serta hak hidup yang beradab serta mendapat jaminan kemanusiaan oleh negara.

3. Persatuan Indonesia

Pohon Beringin yang menjadi simbol darinsila ke tiga melambangkan bahwa Pancasila menjadi pelindung bagi keberagaman setiap suku di Indonesia.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan

Sila ke empat yang dilambangkan dengan Kepala Banteng memiliki makna bahwa warga negara adalah mahluk sosial yang bisa bermusyawarah dan bermufakat dalam mengambil setiap keputusan kepentingan bersama.

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Padi dan kapas merupakan simbol dari kebutuhan dasar dari kebutuhan rakyat yaitu hal sandang dan pangan. Kebutuhan yang terpenuhi oleh negara dengan baik adalah cita-cita dalam sila ke 5.

Pendekar Pancasila. Doc:Arry  

Pentingnya Pancasila bagi Milenial

Dalam sambutannya Kepala Dinas @kemenkominfo Yogyakarta menjelaskan pentingnya praktik pemahaman Pancasila agar lebih memproduksi konten positif dan menangkal hoax.  Para pengiat sosial media diharapkan juga membantu sosialisasi tentang pentingnya pemahaman Pancasila tetap sebagai ideologi bangsa Indonesia. 

Salah satu langkah termudahnya adalah dengan memperhatikan jejak digital yang tersebar di dunia maya.Dengan rekam jejak yang positif maka lingkaran teman kita akan mendapat informasi yang benar mengenai hal-hal yang terjadi dan mampu menangkal berita bohong. Dengan demikian, sila-sila dalam Pancasila benar dipraktikan dalam keseharian. 

Jika generasi milenial memahami tentang pentingnya Pancasila maka jejak digital akan mempermudah memproduksi konten positif dan tidak merugikan mereka di masa depan.








Author

vika vika Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

26 komentar

  1. Sepakat mb, kalau sama-sama bikin kontennya, ngeluarin pikiran buat ngetik n nyusun kata, kenapa ga ninggalin yang baik-baik saja, ye kan?

    BalasHapus
  2. Milenial seharusnya memang memproduksi konten positif ya, tapi aslinya sampai sekarang masih ada bbrp konten yg mengandung hoax. Mungkin karena belum memahami pentingnya Pancasila kali ya ? semoga dg artikel ini bisa menambah pengetahuanku ttg makna Pancasla yang sebenarnya

    BalasHapus
  3. Aku pikir, penataran P4 perlu diselenggarakan lagi niih

    BalasHapus
  4. Sepakat. Maksud dari pancasila adalah meski berbeda tetap satu dan harus menjaga persatuan. Dengan begitu semua wni bersaudara

    BalasHapus
  5. Wahhh keren acara ini memupuk nasionalisme dan cinta bangsa, sayang sekali aku melewatkan acara ini

    BalasHapus
  6. Edukasi tentang pancasila harusnya memang digencarkan lagi, mungkin di sekolah dapat materi ini.. tapi yang udah nggak sekolah kadang jadi lupa...

    BalasHapus
  7. Miris sekarang nilai-nilai Pancasila sudah tergerus sama budaya dari luar. Acara seperti ini perlu biar kecintaan masyarakat terhadap negara terus terjaga.

    BalasHapus
  8. bacanya sambil ingat ingat pelajaran semasa SD, dan kepikiran, nilai nilai ini apakah diterapkan oleh milenal masa kini ga ya..mengingat sekarang keadaan makin miris

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga ada formula khusus untuk memperlancar penyebaran ke milenial

      Hapus
  9. P4 harusnya memang tetep masuk kurikulum kayak duluuu ya mba, sekarang ada sih, tapi cuman seperti sekilas info, hiks. jadilah banyak luntur nilai-nilai yang harusnya bisa dijunjung bareng-bareng sebagai sebuah bangsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh mba, semoga segera ada sistem yang tepat untuk milenial

      Hapus
  10. Pendidikan Pancasila harus menjadi salah satu pendidikan dasar yang baku, karena nilai2 nya sangat relevan dengan rona2 setiap jaman, termasuk era industri 4.0 dan setelahnya nanti.

    BalasHapus
  11. Ini pondasi berbegara yg patut dijaga sih beb. Apalagi buat kaum milenial yg aktif dan kerap bersinggungan di dunia maya. Biar ga salah jalan. Thank you udah sharing beb.

    BalasHapus
  12. Pada jamanku dulu yang namanya Pancasila itu sampai mendarah daging. Aku kangen ada penataran P4 lagi. Jiwa patriotisme anak jaman dulu dengan anak jaman sekarang sudah berbeda.

    BalasHapus
  13. Ramai ya mbak acaranya kemarin? Kalau anak anak zaman sekarang tuh agak gimana gitu lho kalau diajarkan atau dikasih tahu tentang makna Pancasila, sedih aku jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ramai kok, milenial yang banyak datang.

      Hapus

Posting Komentar