Kunto Aji dan Darling Squad Sukses Menanam 1350 Bibit Tanaman di Situs Ratu Boko


“Kunto Aji saja nanam pohon, kamu kapan?” Begitu celotehan dari salah satu mahasiswi universitas Universitas Islam Indonesia yang selesai berswafoto dengan penyanyi berambut kriting tersebut. Terik surya walau sudah jarum sudah menunjukan senja, masih saja membuat mata meredup. Yang pasti walau begitu, pria dengan deretan lagu hits, tetap semangat menanam satu pohon di halaman depan gerbang situs Ratu Boko, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Bagaimana sih ceritanya hingga pelantun lagu Rancang Rencana, Pilu Membiru dan Topik Semalam  bisa jadi salah satu bintang tamu dan menanam pohon bersama para mahasiswa? Tenang, jawabannya ada di artikel  berikut ya. Yang jelas Kunto Aji memang benar-benar ramah, rendah hati dan seperti lirik lagunya, dia membuat leleh hati para mahasiswi yang menjadi peserta #SiapDarling

#Siapdarling


Bagi yang belum mengenal gerakan #Siapdarling , mari saya coba jabarkan, namun kalau ingin ke pusat informasi dari kantor pusat boleh cek via website Siap Darling. Baik,kita mulai ya. Jadi #siapdarling ini adalah singkatan dari Siap Sadar Lingkungan. Sebuah social movement yang mengajak masyarakat umumnya, dan khususnya milenial untuk menjaga lingkungan, beserta menyebar informasi terkait yang valid.

Gerakan yang diinisiasi oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation ini diharapkan bisa menginspirasi serta berkolaborasi dengan generasi milenial. Salah satu langkahnya dengan mengadakan aksi penanaman   pohon di lingkungan candi serta cagar budaya dan Menggemakannya melalui sosial media para peserta. Cek deh Facebook @siapdarling untuk mengetahui bagaimana aktivitas para peserta dari kampus Sadar, Atma Jaya, UII, ISI,UGM serta kampus lain di Yogyakarta.

Kunto Aji dan Aksi Darling

Kunto Aji. Doc:IG Siap Darling
Bagaimana caranya penyanyi Kunto Aji bisa ikut serta dalam acara  yang didukung oleh Djarum Trees For Life pada Selasa, 12 November 2019? Musisi sekaligus penyanyi yang tampil tepat pukul 20.00 WIB ini memang mempunyai perhatian khusus pada program pelestarian lingkungan.  “Sudah dua tahun ini saya selali displin tidak memakai sedotan plastik sebagai bentuk dukungan lingkungan dan senang sekalai bisa bergabung dalam gerakan #SiapDarling ini. Kegiatan ini semakin menarik karena penghijauan dilaksanakan di area wisata terutama candi sehingga sekaligus merawat benda bersejarah.” ujarnya saat diwawancarai.

Di setiap even penghijauan massif oleh Darling Squad memang didukung oleh para seniman khususnya penyanyi ibu kota. Seperti penyanyi rap Saykoji saat Aksi Darling di candi Prambanan ( Silakan cek artikel yang sudah saya tulis untuk Aksi Darling di candi Prambanan ) , Kotak Band saat di Benteng Van De Boch yang memang mempunyai perhatian khusus dengan pelestarian lingkungan.  Bibit pohonnya sendiri meliputi  Tanjung, Soka, Ruellia, Bugenvill, Kepel  dan Melati. Penanaman juga dilakukan oleh Dra. Tri Hartini selaku Ketua Unit Kerja Situs Ratu Boko dan Candi Ijo Balai Pelestarian Cagar Alam DIY.

 Aksi Darling

Penanaman bibit tanaman. Doc:Pribadi

Apa sih Aksi Darling sehingga bisa menggandeng para seniman untuk ikut menanam? Aksi Darling adalah gerakan maka sadar lingkungan yang setiap saat bisa dikerjakan di rumah ataupun lingkungan sekitar. Contohnya: menghemat air, memelihara tanaman dalam rumah, tidak merusak pohon, membuang sampah pada tempatnya dan aksi sederhana namun menginsipasi yang lain. Tentu saja terdapat pula aksi puncak bersama dari #SiapDarling yaitu aksi darling penanaman pohon di beberapa Candi Darling.

Candi Darling

Stand workshop dan acara. Doc;Pribadi

#Candi Darling adalah Candi Indonesia yang termasuk dalam Candi Sadar Lingkungan dan bagian dari #AksiDarling. Pengelola candi tersebut juga mengajak dan memberi ijin akses bagi para #DarlingSquad milenial untuk #Kolaboraksi melakukan penanaman bibit tanaman di kawasan tersebut. Salah satu candi yang sudah menjadi bagian dari gerakan ini adalah candi Prambanan, FX Supanji selaku Vice President Director Djarum Foundation menjelaskan kriteria candi dan situs sejarah yang menjadi lokasi penanaman, " Tergantung lingkungan candi bisa atau tidak ditanami, memungkinkan atau tidak. Tanaman yang kita tanam adalah tanaman bunga dan berduri, di lereng juga akan ditanami pohon besar." 

Bukan hanya menghijaukan lingkungan candi namun juga para #DarlingSquad (peserta dari generasi milenial) bisa lebih mengenal warisan sejarah nusantara. For your information, Aksi Darling di Candi Ijo dan situs Ratu Boko ini diikuti oleh 998 Darling Squad dari 209 kampus sudah mendaftar di #AksiDarling serta menanam 6.263 bibit pohon & semak berbunga.

Tari Sinto oleh ISI. Doc: Pribadi

Tentu bukan hanya aktifitas menanam bibit pohon namun juga ada workshop daur ulang sampah plastik “ #PilahSampahJadiBerkah” dengan pembicara Kertabumi. Komunitas yang sudah empat tahun memberikan fokus pada pemanfaatan sampah dengan menggunakannya sebagai bahan keramik dan produk-produk yang mempunyai nilai estetika. Juga berkerja sama dengan DLH Jakarta untuk menyaring sampah sungai di Jakarta.

Kemudian ada workshop pembuatan konten video dengan mentor Studio Antelope yang diikuti Candi Darling Video Challenge. Para peserta ditantang untuk mengabadikan dalam video, suasana situs Ratu Boko yang terkenal di kalangan milenial yang rajin berburu sunset. Yah memang saat hampir senja hampir di setiap sudutnya, situs yang telah diakui oleh UNESCO ini, sudah penuh dengan para pemburu senja.

Kesimpulan

Video acara. Doc: Mata Beo Entertaiment

Bumi memang semakin tua, dan semakin memerlukan dukungan para milenial yang akan mewariskan nilai-nilai hidupnya pada generasi alpha dan seterusnya. Generasi alpha yang terdiri dari dari cucu generasi baby boomers serta anak dari generasi milenial diharapkan menjadi penerus gerakan Siap Sadar Lingkungan. 

Sesuai dengan peribahasa, “Buah jatuh tak jauh dari pohonnya” dan jika generasi milineal sudah Sadar Lingkungan maka demikian juga generasi selanjutnya. Indonesia pada khususnya akan tetap menjadi paru-paru dunia. Jadi kalau Kunto Aji saja sudah nanam pohon, kamu kapan?








Author

vika vika Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

29 komentar

  1. Seruuu... aku jadi pengen jadi mahasiswa lagi klo gini. Jamanku dulu nggak ada... Keren pokoknya. Lanjutkan anak-anak muda..

    BalasHapus
  2. Kunto Aji nanam pohon, saya juga sudah :)

    BalasHapus
  3. Apik mb... Biar candinya semakin menawan... Candi2 favoritku ini, satu lagi yg belum dan smg jadi target selanjutnya. Candi plaosan..

    BalasHapus
  4. candi aja udah punya darling, kamu kapan?

    EH
    TUNGGU
    AKU BISA JELASKAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. dadar guling 😍😍😍

      Hapus
  5. Aku Fans Kunto Aji iniiii mbak, ga ajak2 aku syihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, dia memang keren untuk jadi idola

      Hapus
  6. Sekali wakru, aku ingin ikutan ksgiatan ini. Tapi klo pas musim hujan saja. Aku tak kuat berpanasan.

    BalasHapus
  7. Aku selalu suka dengan kegiatan penghijauan seperti ini, apalagi melibatkan mahasiswa yang notabene adalah generasi penerus masa depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss mba, semoga semakin diperbanyak frekuensinya

      Hapus
  8. Keren acaranya. Kapan ya acara candi darling berikutnya? Mau ikuta. Juga 😬

    BalasHapus
  9. Acaranya seru. Sayang pas enggak masuk syarat ikutan. Semoga next bisa ikut acara serupa.

    BalasHapus
  10. Bagus nih acara kek gini, menggaet generasi muda untuk menghijaukan tempat-tempat bernuansa budaya. Aku mendukung penuh pokok e :)

    BalasHapus
  11. Daku pengen ikutan ini kaks, tapi belum berkesempatan. Klo aksi2 nanam pohon pengen banget berpartisipasi di dalamnya. Semangat ya, Darling! :)

    BalasHapus
  12. Kunto Aji siapa sih yawla katro banget deh aku...
    Gapapa ya yang penting aku ikutan tanam-tanam juga di rumah walaupun cuma nanam sayur wqwq

    BalasHapus
  13. Aaaaaakkkkk keren syekali bisa ikutan acara bareng sama Kunto Ajiiii. Seneng banget deh kalo juga bisa ikutan acara nanem2 begini. Palingan aku cuma nggak bisa panas2annya aja hahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ember puanassss, tapi galon-galon es teh sereh dah tersedia ma panitia

      Hapus
  14. Seruuu!!! Meskipun panas tapi pada semangat ya mereka buat nanem pohonnya..

    BalasHapus

Posting Komentar