Irfan Bachdim Hadir di Acara Book Week Yogyakarta Independent School

67 komentar

Peserta Fashion Show. Doc: Riana

Irfan Bachdim yang saya ketahui sudah mulai bergabung dengan Perserikatan Sepakbola Sleman pada tahun 2020, terlihat turun dari mobil bersama seorang wanita. Benar, wanita yang menggandeng dua anak usia play group tersebut adalah Jeniffer Bachdim. Saya sudah mendapat info sebelumnya kalau dua buah hati mereka memang menimba ilmu di Yogyakarta Independent School.  Tapi tak menyangka mereka juga datang saat Book Week.

Yogyakarta Independent Scholl

Foto di Joglo. Doc: Riana

Yup, saya sedang berdiri di bangunan Joglo sekolah berstandart Internasional tersebut dan melihat deretan mobil satu persatu menepi. For your information, Yogyakarta Independent School sendiri dibangun di atas lahan 6,5 Hektar dan dibagi beberapa lini:


a.Taman Botani

Danau buatan dengan pulau kecil di salah satu sisi nya, hawa sejuk dan gemericik air bisa kita rasakan begitu masuk YIS.Benar, danaunya terdapat di bagian depan YIS dan berdampingan dengan dua pintu gerbang. Pstt ada ikan nya loh.

b.Area Parkir 

Jika mobil mencapai 30 buah, maka masih akan cukup ditampung di area parkir YIS yang lengkap dengan penjaga keamanan. 

Taman Botani. Doc: Riana

c.Lapangan Sepakbola

Saat berbincang dengan Miss Karin Albers selaku wakil kepala sekolah YIS, terungkap bahwa Tim Nasional Indonesia sering menggunakan lapangan YIS sebagai tempat latihan.Tentu dengan pertimbangan bahwa sudah memenuhi standar internasional.

d.Bangunan Sekolah

Dengan cat dominan putih serta biru, maka kesan yang didapat tentu bersih,aman serta elegan.Di lantai dua terdapat area olahraga basket, sedangkan ruang perpustakaan berada di lantai satu.400 siswa diperkirakan bisa menimba ilmu dengan fasilitas lengkap di gedung baru tersebut.

Book Week YIS

Orangtua andil dalam Fashion Show. Doc: Pribadi
Mulai dari tanggal 2-6 Maret 2020, di sekolah yang bisa ditempuh sekitar 30 menit dari rumah saya (seturan), diadakanlah acara Book Week YIS. Dan hari itu, Jumat 6 Maret 2020 adalah hari terahkir sebelum sekolah libur.Yup, jadwal belajar di YIS hanya lima hari dan pada hari terahkir Book Week akan diadakan Fashion Show YIS. Dari info yang saya dapatkan, fashion show ini juga akan diikuti oleh staf YIS.

Dan salah satu benang merah antara para anak didik YIS yang diantarkan para orangtuanya adalah pemakaian baju yang dikenakan.Saya perhatian mereka memakai custom karakter dari cerita fiksi anak. Putri dari Irfan Bacdim sendiri mengenakan kostum Putri Salju sedangkan adiknya memakai mahkota warna emas.

Tak lama kemudian turunlah Harry Potter, Obelix, Aquaman, tokoh startrek, Hobbit dan lain-lain  masing-masing dengan menggandeng orangtua mereka. Saya penasaran bagaimana jalannya fashion show yang diikuti mulai dari siswa early years sampai grade 12 tersebut.

Fashion Show


Saya bergegas menuju selasar tengah di mana sudah tersedia bangku-bangku plastik bagi para orangtua. Sudah hampir penuh saat saya memutuskan mengambil es teh dahulu sebelum mulai bergabung dengan mereka. Yup sudah tersedia tempat minum self service berupa kopi dan es teh manis. Bakpia pun sudah tersedia dengan rapi di satu nampan besar plus dua kotak besar potongan pepaya dingin.

Saat lonceng sekolah didentangkan, maka acara fashion show dimulai. Saya bergegas mengambil tempat strategi dan  mengabadikan beberapa momen melalui video.Cek video di atas ya untuk tahu bagaimana meriahnya suasana fashion show.Dan benar, dari kata pengantar dari pembawa acara(tentulah memakai bahas Inggris) semua kostum yang dipakai adalah karakter dari buku cerita fiksi yang mereka idolakan.

Satu persatu para siswa mulai dari Early  Years hingga grade 12 dengan membawa buku cerita di mana kustom dari karakter yang mereka kenakan. Pstt tidak hanya karakter buku fiksi anak dari luar negeri loh, para guru sepakat mengenakan kostum cerita Kancil dan lengkap dengan karakter Ketimun nya.Bukan hanya keceriaan yang digagas oleh para siswa namun orangtua termasuk saya turut tertawa bahagia. Ide yang bagus dengan menghadirkan acara fashion show tersebut.

Irfan dan Jenifer Bacdim. Doc: Riana

Setelah semua siswa memperkenalkan diri maka fashion show ditutup dengan sesi foto bersama di area taman di samping bangunan Joglo. Seketika suasana pecah penuh keakraban antar orangtua murid dengan buah hatinya.  Beberapa pose foto bersama dilakukan sebelum kembali lonceng sekolah, dan tak berselang lama para orangtua melambaikan tangan tanda diharuskan pulang.

Yep, jadwal belajar tetap dilanjutkan sesudah acara fashion show berahkir. Saya tak melihat adanya tangisan manja ataupun keengganan dari siswa sebelum,saat dan sesudah acara termasuk putra Irfan Bachdim. Oya di sekolah ini semua siswa mendapat hak, menjalankan kewajibannya dan diperlakukan setara.


Kurikulum Internasional Baccalaureate(IB)

Wawancara. Doc:Pribadi

Book Week sendiri merupakan salah satu dari implementasi dari  Kurikulum Internasional Baccalaureate (IB) yang mengedepankan life skill, kemandirian sekaligus ilmu pasti secara akademi bagi siswa. Yang jelas, ada lima bahasa yang dipelajari para siswa YIS yaitu bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, India, dan Indonesia. Dan pada saat ini ada beberapa extra kurikuler yang dijadwalkan diikuti semua siswa misalnya Klub Musik, Bola Basket, Panahan Tradisional, Hoki,Balet, Yoga,Taekwondo, Seni Rupa, Seni Boga, Kerajian Tangan serta Lari Lintas Alam.

Beasiswa Prestasi

Fashion show. Doc:Riana

YIS sendiri juga menerima siswa lokal dengan seleksi awal terlebih dahulu, dan digunakan lebih pada untuk mengetahui grade mana yang sesuai dengan kemampuan siswa sendiri.YIS juga membuka lebar bagi siswa lokal untuk mendaftar pada program beasiswa prestasi. Keren kan?

Untuk informasi lebih lanjut bisa segera mengakses secara online sumber resmi YIS:
Website           : www.yis-edu.org
Phone              : (0274) 5305147
Whatssapp     : +6282241044242
e-mail              : info@yis-edu.org
Instagram: @yogyakartaindependentschool
Alamat: Jalan Tegal Mlati No.1 Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, Indonesia 55284.

Related Posts

67 komentar

  1. Mupeng kalau ada sekolah yang fokus ke pengajaran life skill karena kebanyakan sekolah menuntut anak piawai dalam bidang akademik atau kognitif saja. Baru tahu ada YIS nih. Apalagi kumpul-kumpul ada menu bakpia, duh, kangen bakpia 25. Kapan ya ke Jogja lagi, semoga Corona segera berakhir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayoooo ke Jogja setelah negara api selesai.

      Hapus
  2. Saya baru tau kalo Irfan Bachdim tinggal di Yogyakarta bareng keluarganya. Dan saya cukup ngefan s sama Jennifer Bachdim yg body goals banget plus hot mama dengan 2 anak nya yang lucu. Btw seru banget ya di YIS..ada 5 bahasa yg bisa dipelajari ��. Termasuk bahasa Spanyol dan India. Menarik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya Irfan bergabung dengan PSS. Pas ketemu langsung, memang real body goalnya.

      Hapus
  3. Wow siswa YIS mendapat pelajaran 5 bahasa, bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, India, dan Indonesia.
    Apa ngga bingung ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya 5 bahasa, sejauh yang ku lihat endak bingung mba

      Hapus
  4. Keren nih kurikulum YIS. Tapi yang lebih keren ada ekstra kurikuler panahan tradisional di YIS.

    BalasHapus
  5. Saya paling seneng kalau ada sekolah yang ngadain acara yang berbau buku, bagaimana pun kontennya karena memang penting buat anak-anak. Kurikulum YIS keren ya.

    BalasHapus
  6. Wah, memperkenalkan buku sejak dini adalah hal yang sangat penting sekali. Tidak hanya peran sekolah untuk memperkenalkannya. Disini juga peran orangtua sangat penting sekali.

    BalasHapus
  7. kegiatan sekolahnya bagus ya. kan jarang ada sekolah yang membuat anak didiknya lebih dekat dengan buku. apalagi anak-anak lebih diutamakan untk life skilnya

    BalasHapus
  8. Terlihat banget kalau YIS ini udh menerapkan standar internasional utk sekolahnya. Visi dan misinya jg bagus, ngk seperti sekolah pada umumnya. Btw, asik jg tuh ketemu sama Irfan Bachdim, kalau sama mah minta foto bareng hehe

    BalasHapus
  9. Zaman sekaranga semua perkembangan makin maju, termasuk salah satunya sarana pendidikan. Sekolah yang bagus dan lingkungannya yang sehat ditambah guru-guru dan sarana yang lengkap dan melek teknologi akan mampu menciptakan suasan belajar yang nyaman dan bikin betah. Kapan-kapan kalau ke Jogja jadi pengen berkunjung ke YIS deh k

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes, demi SDM yang maju. Yuk yuk ke Jogja

      Hapus
  10. Wah, program book week sekalian fashion show-nya keren ini. YIS sekolah dengan standar pendidikan yang lengkap yang juga menyediakan program beasiswa prestasi bisa menjadi rujukan bagi orangtua untuk pilihan terbaik pendidikan bagi putra-putrinya

    BalasHapus
  11. Wah sekolah international, penasaran sih sama guru2nya. Bgmn mereka dibina dan dikelola di sekolah ini, krn mnrt saya yg paling penting itu mutu gurunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes , yuk yuk ke Jogja ketemu guru-gurunya

      Hapus
  12. 6,5 hektar, luas banget areal sekolahnya, fasilitasnya juga lengkap ya. Bisa jadi alternatif menyekolahkan anak bagi yang tinggal di Jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, memang luas. Maklum ada lapangan sepakbola

      Hapus
  13. saya kira Yogja International School, ada JIS kalo di Jakarta. keren !

    BalasHapus
  14. Sekolahnya seru banget.. andai deket.. pngen bisa sekolahin si kecil juga di situ...

    BalasHapus
  15. Sesibuk apapun Irfan Bachdim dan istri masih bisa meluangkan waktu tuk datang tuk menghadiri Acara Book Week Yogyakarta Independent School.

    Apalagi di sekolah tersebut memiliki fasilitas yang memadai,tentu ini didukung dengan SDM nya yang tak perlu diragukan lagi.
    Semoga hal serupa hadir di daerahku tercinta Bengkulu, agar anak-anak disana bisa juga bersekolah seperti di Independent School yang keren

    BalasHapus
  16. Keren sekolahnya kak. Mana bertaraf internasional ya. Pasti tingkat percaya diri anak2 di sekolah ini tinggi ya karena dari cerita diatas sangat terlihat sekali dan sekolah ini ada di Yogyakarta .mantul di daerah ada sekolah sekeren ini

    BalasHapus
  17. Eh udah lama gak dengar kabarnya, rupanya anaknya udah dua ya yang sekolah..
    Asri banget sekolahnya ini Mba..

    Mana programnya keren lagi ..
    Orangtua pun dituntut untuk ikut kegiatan anak ya..
    Keren. Karena anak pun akan melihat dan meniru orang tua, jadi memang melibatkan orang tua adalah pilihan terbaik

    BalasHapus
  18. Banyak juga ya.. ada lima bahasa yang dipelajari para siswa YIS yaitu bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, India, dan Indonesia.

    Exschool juga banyak....klub Musik, Bola Basket, Panahan Tradisional, Hoki,Balet, Yoga,Taekwondo, Seni Rupa, Seni Boga, Kerajian Tangan serta Lari Lintas Alam.

    Pantesan luas sekolahnya 6.5 Hektare... kegiatan yg diberikan juga mantab... πŸ‘πŸΎπŸ‘πŸΎπŸ‘πŸΎ

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes, fasilitasnya sepadan dengan SPP nya

      Hapus
  19. Mupeng banget pingin anak sekolah di tempat semacam ini, tapi duit ora kuat, hiks.

    BalasHapus
  20. Jadi kangen Yogya neeh, keren ya YIS, gilak semua fasilitas ada eh btw Irfan kemana aja neeh jarang terlihat

    BalasHapus
  21. Wah benar-benar YIS berikan yang terbaik ya untuk muridnya, dan semua mendapatkan pembelajaraan yang setara ya. Keren deh!

    BalasHapus
  22. Yap life skill memang tak kalah penting dibanding kemampuan akademis. Ntap ya semakin beragam pilihan sekolah di Jogja

    BalasHapus
  23. YIS sekolah luar biasa. Andai semua sekolah bisa menerapkan program-program seperti di YIS sungguh pendidikan di Indonesia akan maju, tapi apakah bisa? Kan biayanya mahal.
    Yuk mari bertanya ke Mas Nadiem, hi-hi-hi

    BalasHapus
  24. wah keren banget ini sekolah, ada beasiswa prestasi lagi ya, lumayan banget tuh bisa sekolah gratis. semoga program-program seperti YIS ini banyak juga di sekolah lain. keren sih

    BalasHapus
  25. seru banget ini event book week yg rutin diadakan bahkan sampai dihadiri oleh Irfan bachdim ya kak. YIS ini luar biasa lho, sekolah yg keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. heeheh iya sehubungan putra putrinya sekolah disana

      Hapus
  26. Yogyakarta International School ini keren ya, mempelajari 5 bahasa dan juga bnyk ekstra kulikulrrnya. SPP nya brp mb per bulannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung grade-nya.. PreSchool, TK, SD, SMP, SMA semuanya beda2. SMA 11ribuan USD per tahun.SMP 9ribuan USD kalo ga salah.TK 4000 setahun. PreSchool itu 3300-an USD per tahun

      Untuk update detailnya bisa langsung ditanyakan melalui email ke YIS

      Hapus
  27. Di jogja emang tempatnya sekolah dengan mengedepankan humanity.
    Sekolah" disana menyadari setiap siswa memiliki kemampuan yg berbeda", sehingga yg mereka ajarkan lebih ke lingkungan dan kemanusiaan.

    Beda dengan sekolah pada umumnya, nilai yg terpenting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, semoga yang di daerah lain juga demikian

      Hapus
  28. Ini yang di Jombor ya Mbak....tau daerahnya tp pas main ke jogja gak sempet lewat sana... sip deh YIS ya, sekolah kereeen., Matur nuwun sudah berbagi Mbak Vika

    BalasHapus
  29. Keren banget siswanya diajari 5 bahasa, kalau diajari semua bahasa PBB bakal lebih mantap tuh Mbak, tapi kasihan siswa juga ya kebanyakan pelajaran. Terlepas dari itu, YIS ini memang sekolah yang luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe banyak tapi fun class kok kak, pas aku ke sana murid2 feel like in home

      Hapus
  30. Wow! Lima bahasa asing? Haduh, saya nambah di luar Bahasa Inggris aja nggak tamat-tamat, hahaha ... Etapi beda kali ya kalau anak-anak. Kan memori mereka masih tersisa luas, nggak penuh kayak emak-emak ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya memori saat anak-anak lebih kuat menyimpan ilmu

      Hapus
  31. Seru banget ya kayaknya sekolah di YIS ini, sekolahnya mengajarkan banyak bahasa dan kegiatan menarik di dalamnya, anak-anak yang sekolah disini pasti mendapatkan pendidikan yang terbaik

    BalasHapus
  32. Udah lama engga ngikutin Irfan Bachdim, malah kepo IGnya Jenifer Bachdim. Wkwkwk. Sekolahnya keren ini walaupun kayaknya padat, tetapi anak-anaknya tetap happy...

    BalasHapus
  33. YIS berstandart internasional ya. yang langsung nangkep di pikiranku adalah biayanya berapa? apalagi ada 5 bahasa yang diajarkan di sana? waaaahhhh... anak kelas menengah ke bawah bisa masuk situ gak ya?

    BalasHapus
  34. waaww keren ya YIS ada elskul panahan. mahal mungkin ya, tapi pasti worth it bgt deh

    btw jadi salfok sama irfan bachdim dan istri, si couple goals, wkwkw

    BalasHapus
  35. Waah beneran siswa YIS mendapat pelajaran 5 bahasa, bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, India, dan Indonesia?
    Pastinya biaya untuk sekolahin anak disana mahal. Tapi yaaa setiap ortu bekerja untuk anaknya.

    BalasHapus
  36. Anaknya irfan bachdim ternyata sekolah di sini? baru tahu nih mba...
    Asyiknya sekolah punya influencer yang inspiratif banget seperti irfan bachdim dan istrinya

    BalasHapus
  37. Seruu ya mbak, fashion show-nya. Seperti melatih anak berimajinasi dg baju yang dikenakan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email