CSR Jogja Synergy Office Menjembatani Hati



Peserta CSR. Doc: Pribadi

CSR atau Corporate Social Responsibility  menjadi salah satu acara yang paling saya suka untuk diliput. Apa pasal? Tentu saja sesuai dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia yaitu tanggung jawab sosial perusahaan. Interaksi antara sebuah perusahaan dengan masyarakat umum yang diwujudkan dengan kegiatan kemanusiaan.Dan pada 29 Februari 2020 Jogja Synergy Office menghelatkan CSR.

CSR Jogja Synergy Office




Saya sampai di kantor Jogja Synergy Office (JSO) di jalan Besi Jangkang Km. 1 (Ruko Pagar Batik) Klidon, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman sekitar pukul 07.00 WIB. Setelah semua staf dari JSO sudah siap, maka kami beranjak menuju lokasi CSR. Oya kali ini perusahaan yang fokus pada pelayanan jasa ini dinaungi oleh PT Sinergi Membangun Bangsa menyasar para warga desa di sekitar lokasi kantor, dengan acara senam serta pemeriksaan kesehatan gratis menjadi pokok kegiatan CSR.

Senam Cendol Dawet



Senam pagi itu diiringi dengan berbagai lagu pengiring, mulai dari gending jawa hingga remix Cendol Dawet. Dan tentu saja membuat semarak serta semangat dari 50 peserta yang rata-rata dewasa muda bahkan usia Sekolah Dasar juga ikut bergoyang. Kami(iya, karena saya juga di sana walau tidak sempat selfie) mengambil tempat di halaman rumah yang luas. Tak lupa sound system dan mike sudah disiapkan sebelumnya untuk digunakan. Jika saya tidak ingat kalau sedang meliput, pastinya jempol kaki dan tangan sudah ikut bergoyang.
Kerennya para Lansia yang juga ikut serta, terlihat semangat bergoyang. Silakan melihat video untuk merasakan keseruan dari acara senam Cendol Dawet.Oya senam ini berlangsung sekitar 30 menit lengkap dengan sesi pemanasaan, inti dan pendinginan.

Mukbang Jajanan Pasar

Mukbang Jajanan Pasar. Doc:Pribadi

Dua tikar panjang dilepaskan gulungannya dan kami serempak duduk bersama. Sajian ubi dan kacang rebus dalam tempat khusus sudah melambai sejak awal diletakan di atas tikar. Menyusul kemudian sejumlah Jajanan Pasar yang tak kalah menarik perhatian, sebut saja Tiwul, Lunpia, Kroket Kentang dan sebagainya. Sederhana namun penuh makna.Tawa para peserta riuh reda seiring candaan dan kesiapan para tenaga kesehatan mempersiapkan peralatan. Sesi kedua dari CSR JSO adalah pemeriksaan kesehatan gratis.

Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Staf JSO membaur. Doc: Pribadi

Ada tiga pemeriksaan kesehataan yang bisa didapatkan dari tiap peserta acara CSR tersebut:


a.Pengukuran tekanan darah

Persiapan pemeriksaan kesehatan. Doc:Riana 

Awalnya semua peserta diminta mengisi form data berisi informasi tentang nama,usia dan alamat. Saat nomer urut dipanggil maka pemeriksaan dimulai. Tentu saja diiringi dengan percakapan khas warga desa yang terkenal dengan sopan santunnya.Beberapa peserta ternyata mengalami tekanan darah tinggi dan oleh tenaga kesehatan untuk mengurangi asupan garam.


b.Cek Asam Urat


Awalnya beberapa peserta sedikit takut dengan alat pengambil sample darah namun setelah dimulai ternyata semua semangat mengantri. Salah satu teman ternyata mempunyai kadar Asam Urat tinggi dan disarankan untuk olahraga. Kalau kalian sudah olahraga belum?


c.Cek Gula Darah

Penduduk usia Lansia ikut senam. Doc: Riana

Salah satu kejadian yang menggelikan adalah saat satu peserta CSR ternyata sedikit sekali bisa diambil sample darahnya. Tenaga medis harus mencoba mengambil dari dua jari agar mendapat kouta sample darah yang cukup. Kembali gelak tawa menyeruak.Tak ada sekat antara peserta dengan staf perusahaan maupun tenaga medis.

Ibu dan anak. Doc: Riana


For your information, program CSR di desa Klidon ini merupakan program kedua setelah pada bulan Desember 2019 dihelatkan CSR di daerah prambanan. Sila melihat video mengenai kegiatan CSR perdana di bawah ini yak.



Psst rencananya program CSR akan dihelatkan tiap bulan loh, keren yak. Wondering apa akan ada senam Cendol Dawet lagi bulan Maret?  Oya untuk mengetahui lebih banyak info tentang Jogja Synergy Office #sinergimembangunbangsa bisa loh cek di web resminya JSO  atau cuss langsung datang ke kantornya. Terima kasih. 





Author

vika vika Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

33 komentar

  1. Memupuk persatuan serta bersosialisasi dengan orang-orang sekitar. Kesehatan adalah yang paling utama, ditambah kegiatan kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

    BalasHapus
  2. Csr jogja keren banget kak kegiatannya. Bisa terjun langsung menyatu dengan masyarakat begini, patut diacungi 2 jempol lho kak.
    Jadi pengen ikutan senam cendol dawetnya

    BalasHapus
  3. Acara Corporate Social Responsibility/ CSR memang seru sih, jd dekat sama all member di kantor bahkan sama famliynya jg
    Sukses ya acaranya

    BalasHapus
  4. Bagus juga ya kegiatan-kegiatan semacam ini. Langsung menyentuh sasaran masyarakat, sehingga langsung terasa dampaknya bagi mereka.

    BalasHapus
  5. Masyaallah seru banget acara CSR-nya. Dulu di kantor juga setiap setahun sekali adain CSR. Tapi aku tak pernah ikut, gatau soalnya kalo acaranya seru, hehe.

    BalasHapus
  6. CSR-nya seru ya, berbagi dengan masyarakat. Semoga tepat sasaran. Seru nih ada mukbang jajanan pasar sama senam lansianya hehe

    BalasHapus
  7. Haha...aku emang klik videonya, asik senamnya. Kalau gitu kan engga terasa lelah, tau-tau berkeringat. CSR-nya keren...

    BalasHapus
  8. bagus-bagus nih kegiatannya
    terutama mukbangnya
    habis itu baru cek kesehatan gratis
    teringat kadar gula yang habis dimakan pas mukbang
    hehe

    BalasHapus
  9. Menarik program CSR nya Jogja Synergy Office (JSO) yaa... Sudah tahun kdua lg.. Semoga terus berlanjut sampai tahun² mendatang.

    BalasHapus
  10. program CSR seperti ini benar-benar menyentuh lapisan bawah masyarakat dan sangat berguna. Semoa JSO semakin sukses dan semakin besar dalam berbagi kepada masyarakat.

    BalasHapus
  11. Momen yang paling di idamkan dan di tunggu-tunggu peserta pasti makan jajanan pasarnya.
    Makan jajanan saat kumpul itu nikmat rasanya.

    BalasHapus
  12. Semoga kegiatan dari CSR berikutnya semakin beragam dan tentunya semakin bermanfaat lagi ya. Kebanyakan saya jg tahu, bbrp perusahan mengalokasikan CSR utk membantu perekonomian masyarakatnya. Yg begini juga bagus kok, kumpul2 dan pengecekan kesehatan gratis

    BalasHapus
  13. Bagus sekali perusahaan jogja synergy mengadakan acara csr untuk kegiatan sosial masyarakat. sangat membantu masyarakat dari segi ekonomi dan kesehatan. semoga makin banyak perusahaan di indonesia yang melakukannya.

    BalasHapus
  14. Selalu ada cerita yang mengharukan yo mb, di setiap CSR itu ..wujud kepedulian perusahaan kepada masyarakat sekitar..siip bgt ini...

    BalasHapus
  15. Menarik kegiatannya... Bicara mengenai CSR, saya jadi ingat Ahok yang lebih suka gunakan dana CSR untuk bangun RPTRA.. Memang kewajiban perusahaan gitu ya?

    BalasHapus
  16. Wah kalo deket pasti saya ikutan, pingin ngecek tensi dan asam urat
    Sekalian olah raga trus ngemil deh 😁😁😁

    BalasHapus
  17. Kontribusi nyata perusahaan pada masyarakat. Semoga terus berkembang kegiatannya

    BalasHapus
  18. Keren acaranya bikin sehat dan termotivasi untuk berolahraga

    BalasHapus
  19. Kegiatan yang seru dan bermanfaat banget ya. Semoga bisa terus dilakuin ke drpannya.

    BalasHapus

Posting Komentar