Selasa, 27 November 2018

Pengiriman Same Day Makanan via Paxel? Bisa!

Penulis memberikan data ke Hero. Doc:Riana Dewie


 “Pengiriman Same day ya mbak. Oya saya foto dulu ya mbak, sebagai bukti pada kantor pusat Paxel. Langsung tersimpan pada server kantor, bukan pada gawai saya.” Pria yang mengenakan seragam bernuansa ungu, dan orange tersebut meminta ijin setelah paket ditempeli tanda terima lengkap dengan QR kode.

Saya berinisiatif mengirimkan paket makan tahan lama adengan jasa pengiriman  untuk kakak di rumah. Makanan termasuk daftar barang yang bisa diantar same day. Penasaran juga menjadi alasan untuk menjajal startup yang sudah mempunyai  empat cabang yaitu Jakarta, Jogja, Solo dan Semarang, saya memang kepo.

Fakta yang saya dapati setelah melakukan pengiriman:


1.     Gratis saldo 100 ribu


Aplikasi Paxel. Doc:Pribadi

Angka 100 menyembul begitu saya mengunduh aplikasi Paxel di Play Store.  Iya, saya langsung memperoleh saldo 100 ribu dan bisa digunakan untuk melakukakan pengiriman barang saat itu juga tanpa syarat maupun kondisi. Bagusnya lagi ada metode referal codenya sehingga pengguna bisa mendapat bonus 50 ribu setiap teman menggunakan kode itu saat rendeem.  Boleh loh memasukan  vikakurniawati sebagai kode. Terima kasih.

2.     Harga pengiriman flat


Refeal kode. Doc:Pribadi

Paket yang akan saya kirimkan tidak begitu besar, sehingga pilihan ukuran paket small  yang terpilih saat mengisi form pengiriman. Ada tiga pilhan ukuran paket yang akan dikirim ya. Semuanya berdasarkan ukuran dimensi paket  yaitu perhitungan panjang x lebar x tinggi.

 Jika anda sering mengirimkan paket melalui jasa pengiriman ekspedisi maka tentu paham. Paket makanan saya terhitung memakai saldo 18 ribu, sudah termasuk kotak pengiriman yang akan dikemas rapi serta aman oleh Paxel jika kita menginginkannya.  

3.     Bebas atur waktu

List transaksi. Doc: Pribadi


Jam mengarah ke angka dua, dan saya segera melakukan pesanan pengiriman barang. Di laman web disebutkan kalau Paxel mengirimkan logistik bisa antar kota yang tercover jaringan Paxel. Makanan termasuk logistik bukan?

Kurir atau disebut Hero di Paxel, akan menjemput paket kita sesuai dengan peta yang terdapat di aplikasi yang sudah kita unduh sebelumnya. Bisa  pagi ataupun sore hari, dengan catatan  bahwa barang yang diambil Hero sebelum pukul 2 siang maka akan dikirim sore. Begitu juga yang dijemput setelah pukul dua siang maka kiriman akan dikirim pukul 8 malam.

4.     Jaminan saldo kembali

Tracking paket melalui web. Doc:Pribadi


Makanan yang saya kirimkan termasuk dalam kategori frozen food, dan ternyata jenis paket ini menempati peringkat pertama dalam kuantitas pengiriman. Keren ya bisa same day.

Oya juga saya membaca bahwa ada ketentuan bahwa saldo akan dikembalikan bila paket terlambat datang dari standar waktu yang ditentukan. Teman yang memakai jasa Paxel ternyata juga mendapat refund karena pengiriman terlambat beberapa menit. Keren ya.

6. Hero bukan sekedar kurir

QR kode pengiriman. Doc:Pribadi

“Perkenalkan mbak, saya Hero Paxel. Sebelum saya melakukan pencatatan paket pengiriman, boleh minta waktu untuk menjelaskan tentang mekanisme kirim paket ?”

Menurut saya bagus kalau calon pelanggan dibagi edukasi mengenai SOP yang dilaksanakan oleh Paxel. Hal ini akan meminimalisir complain yang ada.  Bagaimanapun juga kurir atau yang disebut Hero di Paxel merupakan lini depan perusahaan.


Oya sementara ini Paxel untuk pengiriman intern daerah Yogyakarta,  menjangkau pengiriman barang dari kota Jogja ke kabupaten Sleman saja.  Saya sendiri memang mengirim paket dari pusat kota Jogja menuju Sleman. Isinya tetap utuh, dan enak dimakan

Jadi silakan cek langsung melalui aplikasi apakah rumah ataupun kantor anda termasuk dalam jangkuan Paxel. Hal ini wajar, karena terkait adaptasi tehnologi serta SDM . Semoga Paxel semakin berkembang seiring waktu.