Tabungan Aman namun Simple bagi Freelance di Tabungan Berencana, Bisa!


 
Tabungan. Doc:Moneysmart.id

Tabungan Berencana menjadi kosa kata lumayan baru di program perencanaan keuangan saya walau bukan pertama didengar. Tentang tergeraknya hati untuk mengambil bentuk tabungan terbaru, terbesit saat membaca moneysmart.id . Tepat sekali dengan apa yang saya butuhkan yang memilih bekerja sebagai freelance.

Profesi freelancer memberikan keuntungan namun juga menuntut perencanaan lebih dari yang bekerja ritme tetap di kantor. Saya sendiri berteguh dengan tabungan regular, ternyata sistem Tabungan Berencana cocok dengan gaya hidup saya.

 
MoneySmart. Doc moneysmart.id
Enam alasan bagi freelancer memilih Tabungan Berencana:


1.     Nominal setoran perdana ringan


Freelancer mempunyai kebebasan waktu untuk mengerjakan pekerjaannya walaupun tetap membatasi dirinya dengan target serta tanggal deadline. Demikian juga dengan nomimal yang diterima setiap bulannya, semua tergantung bagaimana usaha  freelancer itu sendiri.

Jumlah angka setoran awal, seringkali menjadi pertimbangan khusus memilih bank serta produknya. Dalam sistem Tabungan Berencana yang mempunyai nomimal setoran perdana ringan, saya jadi mudah membagi lebih banyak penghasilan ke bentuk investasi yang lain

2. Batas tanggal penyetoran bisa ditentukan sendiri


Jumlah proyek yang dikerjakan freelancer bisa lebih dari lima jari dengan tanggal penerimaan apresiasi yang berbeda. Hal ini membuat saya harus mengambil tanggal yang aman untuk semua perencanaan baik pengeluaran tetap maupun tak tetap.

Saat kita membuka rekening pertama kali, diberikan form yang salah satu kolomnya harus diisi dengan tanggal batas penyetoran ke rekening induk. Fasilitas ini melegakan saya, karena bisa dengan bebas menentukan sekaligus berkomitmen pada diri sendiri. Tahulah bagaimana freelancer.

3. Auto debet tabungan induk


Saya dilahirkan di bawah naungan shio Ayam, di mana identik dengan ketekunan serta rajin. Shio ayam memerlukan piranti yang membuatnya terus displin menyimpan hasil ketekunan kerjanya. Saat mengerjakan sesuatu saya terkadang mengalokasikan lebih waktu hanya pada satu hal.

Demikian juga saat harus menyuntikan dana ke tabungan, akan lebih mempersingkat waktu jika dilakukan dalam satu waktu serta tidak memakan biaya tambahan. Untungnya Tabungan Berencana melakukan sistem auto debet dari tabungan induk.

4. Mendapat jaminan asuransi


Seperti pepatah, “Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui” demikian juga sistem Tabungan Berencana yang saya ikuti. Kembali lagi ke penghematan waktu yang sangat berharga bagi freelancer. Saya tidak perlu melakukan penyetoran ke rekening bank lain.

5. Syariah

Saya non muslim namun saya memilih produk Tabungan Berencana dari Bank Syariah Mandiri, karena sudah membaca artikel money.co.id dan mendapat penjelasaan dari kawan yang sudah menjadi nasabah. Ternyata menarik juga sistem yang mereka sediakan.

Kawan saya juga non muslim dan sudah menjadi nasabah setia bank tersebut. Selama kurun waktu menjadi nasabah, semua lancar dan bisa diperiksa secara online dengan aplikasi di gawai. Saya juga melihat sistem syariah juga digunakan dihampir semua bank.

6. Mobile banking

Istilah dunia dalam genggaman tentu bukan hanya mengenai derasnya arus berita maupun tayangan dari dunia maya. Validasi maupun informasi perbankan terkini juga bisa diakses dengan menggunakan smartphone.

Yah balik lagi tentang penghematan dari freelancer baik dari segi waktu, tenaga maupun biaya. Jika bisa dilakukan dengan satu usapan ibu jari, kenapa harus mengalokasikan banyak hal untuk satu kegiatan? Ah, dunia persinyalan memang begitu membantu manusia.
 

Tabungan induk dari Tabungan Berancana. Doc: moneysmart.id


Kesimpulan:


Jadi begitulah, ada enam poin yang membuat saya setia dengan Tabungan Berencana. Sebenarnya sisem ini bisa disebut tabungan apapun yang disematkan tiap bank. Intinya dalah memberikan keamanan namun simple sehingga mempermudah kerja seorang freelancer. Bagaimana dengan kalian? Apa langkah #CerdasDenganUangmu ?



Author

vika vika Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

6 komentar

  1. Ya ampuun, aku malah keinget Keluarga Berencana.... Itu program yang mirip nama, tapi beda banget hihihi..

    BalasHapus
  2. Kebetulan banget aku lagi cari referensi tabungan berencana juga. Walaupun sekarang kerja kantoran dan bisa dibilang pemasukan jadi lebih stabil, cuma rencana jangka panjangku tetep jadi freelance dan punya usaha sendiri di rumah. Mau cari tau lebih jauh lagi ah :D

    BalasHapus
  3. Tabungan berencana itu bagus koq.. Aku juga pernah punya tabungan berencana. Minimal 1 tahun sih yang aku bikin waktu itu. Salah satu contohnya sengaja aku buat ketika mulai tahun ajaran baru sehingga di tahun ajaran baru berikutnya bisa dipake untuk bayar biaya pendaftaran ulang / kenaikan kelas hehehe..

    BalasHapus
  4. Wah, ini sih paket komplit ya. Saya juga lagi nyari jenis simpanan yang ringan setorannya. Freelanver macam eike mah harus pandai menabung.

    BalasHapus
  5. Wahhh Tabungan Berencana emang mantep mbak, btw kalau mandiri syariah buat yang non muslim emang bisa mbak?

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah, saya juga pakai Tabungan Syariah Mandiri ini untuk tabungan haji Mbak. Dulu juga pernah pakai tabungan berencana nya, jadi di disiplinkan utk menabung dgn sistem auto debetnya

    BalasHapus

Posting Komentar