Minggu, 30 Juli 2017

Diskusi Khas Pria dan Federal Matic 2x Revolusi Dingin

Keunggulan Federal Matic. Doc:federaloil.co.id

Pada usia sudah menginjak 72 tahun, ayah masih sering menggendarai motor Honda kesayangannya, bahkan masih mengisi oli motor sendiri. Pokoknya setiap detail tentang sepeda motor sudah menjadi santapan wajib pembicaraan. Begitu juga tiap kali bercerita dengan Aditya yang kebetulan belajar perbengkelan.  


Spacy Honda  Doc: hondacengkareng.com
Yah pembicaraan khas pria yang sering kali tidak saya pahami awalnya. Apalagi kalau bukan mesin dan rekan sejawatnya, entah itu tentang Oli motor terbaik ataupun Oli motor matic yang dipilih. Maklum keponakan saya memang memakai motor matic untuk melakukan aktifitas.

Memang perkembangan jumlah alat tranportasi di kota Gudeg dari tahun ke tahun mengalami peningkatan berkala. Banyak hal mengenai alat transportasi yang umum maupun pribadi yang bisa dijadikan bahan diskusi. Demikian juga dengan bagaimana perawatan mesin, perbaikan saat komponen rusak maupun tips berkendara.

Pembicaraan yang bisa menghabiskan waktu tiga jam pokoknya. Kisah tentang bagaimana beliau mendapatkan Honda kesayangannya tersebut juga menjadi topik yang tak  bisa dilepas. Apalagi saat diskusi tentang pemilihan oli motor mana yang 2x lebih efektif, 2x lebih kencang, 2x lebih bandel. Saya hanya bisa menganggukan kepala, dan berusaha mencerna.

Salah satu hasil dari diskusi khas pria tersebut biasanya pengetahuan tambahan untuk saya. Misalnya oli berfungsi untuk mengurangi  gesekan antar komponen sehingga mendinginkan mesin saat bekerja. Oli di dalam mesin sebaiknya dipilih yang tidak mudah panas. Oli yang mudah panas maka otomatis menguap, dan berkurang lebih cepat. Lain cerita jika menggunakan oli spesialis dingin, maka kinerja mesin menjadi stabil dan menghemat oli yang bekerja.

Macetnya Jogja. Doc: radar.co.id
 Oli special menjadikan mesin menjadi stabil saat berkerja, sehingga bagian-bagian mesin pun terjaga. Silinder mesin adalah salat satu komponen berfungsi untuk mempercepat pelepasan panas. Oli di saluran ruang bakar dengan lebih sempurna sehingga motor jadi stabil. Keponakan mengatakan hal tersebut terjadi karena diperkuatnya kinerja oli dengan Heat Protection Formula yang mendinginkan mesin sepeda motor.

Keluarga kami memang memiliki mobil namun seiring hadirnya kemacetan di Yogyakarta, maka sepeda motor menjadi pilihan awal. Sepeda motor memang mempunyai gerakan lebih lincah saat di jalan.  Waktu tempuh menjadi lebih singkat dengan melewati jalan alternatif yang hanya muat bila mengendarai sepeda motor.  Tentu saja dalam pemakaian yang terus menerus bahkan cenderung tiap hari, maka perawatan sepeda motor perlu dilakukan secara terjadwal. Dan kembali lagi pada pemilihan oli yang mampu mendinginkan mesin.  

Salah satu  produk pelumas yang menjadi banyak dipilih ternyata  Federal Matic 2x Revolusi dari PT. Federal Karyatama (FKT). Perusahaan consumer automotive tersebut ternyata sudah tampil di pentas global. Antara lain berpartisipasi di perhelatan kejuaraan Dunia MotoGP, dan  menjadi sponsor utama tim Federal Doni Tata Padita pada tahun 2013.
Info dari diskusi ayah dan keponakan, membuat saya   tahu bahwa PT. Federal Karyatama (FKT) selain sebagai mitra toll blender pelumas merek AHM oil, dan pelumas resmi sepeda motor Honda ternyata juga mitra PT Pertamina Lubricants.


Selain pelumas buatan dalam negeri, ada keuntungan yang didapat bila menggunakan produk dari Federal Oil, yaitu: Harga relatif terjangkau sesuai keberhasilan membuat mesin 2x lebih dingin. Dengan kenyataan bahwa PT. Federal Karyatama (FKT) telah menerima penghargaan sebagai Original Brand sebagai brand yang terdepan dan bagus, juga  bisa menjadi pertimbangan pemilihan.

Yah memang diskusi ringan tentang dunia mesin sepeda motor memang diperlukan untuk menambah wawasan, adi tidak sembarangan memilih produk. Oya Honda kesayangan ayah masih lancar saat dikendarai, pokoknya mantap.Begitu juga motor matic keponakan yang tetap lancar jaya.