Senin, 26 Februari 2018

Inilah Bukti Karimunjawa adalah Surga Kecil Indonesi


Menjelajahi indahnya Indonesia memang tiada habisnya. Dari jajaran pulau yang berserakan tersebar di antara Jawa dan Kalimantan, ada perairan Karimunjawa yang memiliki pulau-pulau terpencil seperti tidak terbaca di peta. Bahkan Karimunjawa pun masih asing terdengar di telinga sebagian orang Indonesia sendiri.



                           sumber : twisata.com


Tetapi mengunjungi kepulauan yang telah menyandang status Taman Nasional dengan dihuni lebih dari 400 jenis fauna dan 240 lebih jenis ikan hias, tidak perlu membayangkan biaya mahal. Cukuplah kamu ke bandara terdekat di Jawa Tengah naik Air Asia, lalu ke Jepara, kemudian menyeberang dengan kapal menuju surga kecil Indonesia ini. Ribet? Tidak kok, asal baca dulu panduan ke Karimunjawa di sini.

Kalau Melihat Peta Indonesia, Jangan Salah Menunjuk Pulaunya

Tepatnya Karimunjawa berada di Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, tapi di tengah lautnya. Secara geografis lokasi Karimunjawa memang terletak jauh dari pusat kota Jepara. Kamu bisa menuju tempat ini dengan menaiki kapal penyeberangan lewat Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, memakai Kapal Kartini yang berangkat tiap hari Sabtu dan kembali tiap hari Minggu. Atau bisa lewat dermaga Pantai Kartini di Jepara dan menumpang kapal Muria yang berangkat setiap hari Selasa, Kamis, dan Minggu. Kapal Muria kembali ke Jepara setiap Rabu, Jumat dan Minggu. Jadwal pemberangkatan ini bisa berubah-ubah tergantung kondisi cuaca.


                         Sumber: bestwisatakarimunjawa.com

Apalagi lokasinya berada di tengah laut antara Pulau Jawa dan Pulau Kalimantan. Wajar-wajar saja jika cuaca sangat mempengaruhi cara berkunjung ke kepulauan yang terdiri dari pulau besar dan kecil, berpenghuni dan tidak berpenghuni. Menariknya lagi, setelah naik Air Asia menuju Semarang, kamu bisa melanjutkan menyeberang ke Karimunjawa menggunakan pesawat Cesna dari bandara yang sama.

Waktu Terbaik Traveling ke Karimunjawa

Agar perjalanan panjang menuju kepulauan ini lebih bermakna, pilih waktu di mana ada festival atau perayaan besar yang diadakan penduduk setempat. Setidaknya ada dua perayaan besar seperti Festival Barikan Kubro yang dilakukan secara turun temurun sebagai wujud syukur atas hasil laut dan bumi yang sudah diberikan, juga ada Karimunjawa Sail yang digelar Kementrian Kelautan dan Masyarakat. Saat inilah kamu dapat merasakan kegembiraan dan hiruk pikuk yang berbeda di Karimunjawa.


                         Sumber: detik.com

Sebaiknya perhitungkan kembali kunjunganmu ketika memasuki musim penghujan. Selain jadwal pemberangkatan kapal penyeberangan jadi tidak menentu, aktivitasmu di sana juga bisa terganggu karena cuaca.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Karimunjawa

Layaknya tempat wisata, penduduk Karimunjawa pun berbenah menyediakan fasilitas untuk para pengunjungnya. Selain dermaga untuk penyeberangan kapal, tersedia juga bandara perintis untuk pesawat kecil sekelas Cesna. Sementara penginapannya lengkap, mulai dari hotel murah di Karimunjawa, vila, homestay hingga resort yang berharga jutaan rupiah per malamnya.



                         Sumber: Traveloka.com

Transportasi di dalam pulau pun cukup mudah. Untuk berkeliling daratannya sudah ada yang menyediakan sepeda motor bertarif harian. Sedangkan untuk berkeliling dari pulau ke pulau, ada kapal yang disewakan untuk rombongan maupun kebutuhan pribadi. Jangan tanya tentang kulinernya, dari yang murah sampai yang mahal, semua bisa dicari.

Karimunjawa Surga Kecil Indonesia

Mungkin masih ada ribuan tempat lain yang indah, tapi keindahan Karimunjawa seperti sepaket surga yang bisa dijelajahi dari sudut ke sudut nyaris tanpa menghabiskan banyak biaya. Pantai-pantai berpasir putih dengan butiran lembut dan bersih, puluhan spot diving yang terlalu indah untuk dilewatkan, tempat penangkaran ikan hiu, pusatnya seafood murah, atau sekadar menunggu sunset sambil main ayunan, tidak perlu jauh-jauh ke Gili Trawangan.
Saat ingin berkeliling di daratannya, kamu bisa mengunjungi Pantai Legon Lele saat sunrise. Lalu lanjutkan melihat Bukit Joko Tuwo yang terletak di atas bukit untuk melihat kerangka mamalia raksasa, gugusan batuan andesit yang menyerupai tasbih raksasa, juga apabila menghabiskan senja disini terpampang pemandangan sangat epik dari pergerakan matahari. Untuk yang sedang dilanda cinta kunjungi juga Bukit Love yang memiliki instalasi untuk berfoto di sana.



                         Sumber: instagram.com @rizki_igun

Ketika menyusuri bagian paling barat pulau Karimunjawa, ada Pantai Ujung Gelam yang menyapa. Inilah yang disebut-sebut penduduk dan wisatawan sebagai spot sunset terbaik di Karimunjawa. Dari pantai ini kamu bisa menuju Pantai Batu Topeng yang memiliki gazebo sedikit mencolok ke tengah laut. Di sisi utara Karimunjawa ada Pantai Annora dengan instalasi seni etnik yang menambah kesan nyeni tapi sederhana.
Ini baru di Karimunjawanya saja, belum disebutkan di pulau-pulau kecil lainnya yang berada di dekatnya. Sudah tertarik untuk menuju ke Karimunjawa? Yuk rencanakan mumpung musim penghujan akan segera berakhir.