Rabu, 21 November 2018

Kenapa vikakurniawati.com?

Lunch. Doc: Rofi


Kenapa vikakurniawati.com ? Sebuah pertanyaan yang sederhana sebenarnya namun kembali lagi butuh waktu untuk menjawabnya. Blog ini bukan yang pertama saya buat selama mengenal dunia maya (lupa kapan kenalannya tapi yang pasti terjadi di sebuah bilik warnet/warung internet).

Blog saya sebelumnya ada yang khusus barang dagangan juga tentang catatan perjalanan. Saat itu menggunakan nama yang tak terhubung dengan identitas pribadi saya karena kata SEO, akan lebih baik menggunakan kata yang  termasuk  dalam paling banyak dicari  di search engine . Pada ahkirnya saya menggunakan nama sendiri untuk blog ini.

Mengapa menggunakan nama sendiri?


Penggunaan nama pribadi untuk nama blog maupun web tentu bukan saya saja yang melakukannya. Beberapa teman blogger yang sudah senior juga menggunakan metode yang sama. Silakan berseluncur di dunia maya untuk memeriksa berapa banyak penggunaan nama pribadi sebagai nama blog.

Dalam dunia bisnis, penggunaan nama perusahaan sebagai nama web maupun nama akun resmi sosial media tentu sebuah keharusaan. Demikian juga yang dilakukan para motivator maupun pelaku usaha perorangan. Nama web tersebut juga terkait dengan hak paten yang mereka miliki, termasuk produk yang mereka hasilkan. Contohnya kasus penggunaan nama Bensu yang diklaim dua pihak sebagai pengguna pertama nama tersebut.


Unik dan sudah ada rekam jejak digital


Nama vikakurniawati sebenarnya bukan saja milik saya sebagai identitas, beberapa teman juga diberi nama yang sama (cek deh di google maupun facebook).  Tak banyak memang sehingga membuat nama ini unik. Lagipula nama ini juga menunjukan identitas saya dalam sisi penyebutan walaupun kata William Shakespeare, “Apalah arti sebuah nama”.

Hastag vikakurniawati juga sudah saya gunakan di beberapa postingan di instagram yang memuat hasil karya seni pribadi. Puisi, lukisan dengan pastel maupun foto yang saya nilai mempunyai nilai lebih ataupun yang mempunyai jalan melingkar untuk mendapatkannya.

vikakurniawati juga saya parkirkan di beberapa platform web baik berisi tulisan yang bersambung maupun yang sekali tayang. Jadi kenapa tidak memilih nama vikakurniawati sebagai nama web saya jika sudah banyak saya tebarkan du dunia maya sebelumnya? Semacam aktualisasi diri juga sebenarnya.

Bagaimana denganmu?