Selasa, 20 November 2018

2 Tema Besar yang Saya Sukai untuk ditulis di Blog

Liputan heritage. Doc:Pribadi


2 tema besar apa yang paling disukai untuk ditulis di blog, maka jawabannya sedikit membuat berpikir mundur.  Tidak jauh-jauh dari apa yang sering saya baca maupun yang menarik perhatian. Menurut saya akan lebih mudah menuliskan sesuatu hingga beribu kata jika tema yang akan dituliskan sesuai dengan hati. 

Dengan konteks menulis di blog pribadi tentu saja bila menggunakan 2 tema besar tersebut. Begitu juga dalam pekerjaan, saya meletakan hati di dalamnya agar tulisan mengalir lancar.

Jadi dua tema besar apa sih yang saya sukai:

1.   Food/kuliner

 Saat pertama kali menuliskan tumpukan abjad di blog, maka kuliner menjadikan saya tertarik. Saya memang penyuka makanan apalagi bila terbuat dari bahan yang belum pernah mendarat di lidah nusantara saya. Hanya membutuhkan beberapa hari untuk menasbihkan diri menjadi food blogger, dan mengalirlah tawaran untuk menyambangi restoran, warung maupun kudapan di online shop.

Alhasil, proses pengemukan badan berhasil adanya. Jarum jam mulai berpindah kearah kanan serta angka lima mulai disisipi. Ya sudah ideal, dan badan terasa lebih enak untuk dibawa jalan-jalan walaupun perlu disusupi beragam sayuran serta buah lebih teratur. Intinya sih menyeimbangkan antara agar empat sehat lima sempurna, agar tetep bisa makan enak serta jalan-jalan.

Menulis dengan tema kuliner juga memaksa saya agar lebih bisa mendefinisikan yang terkecap di lidah untuk disajikan ulang melalui abjad. Pertama kali tentu dibutuhkan usaha besar menemukan kosa kata yang sesuai.  Bukan hanya berkomentar dengan pendapat enak atau tidak enak saja, namun juga meneruskannya dengan bahasa yang sopan walau tetap jujur. Hal yang sedikit memutar otak karena sehari-hari saya terbiasa to the point. Yah itulah seni dalam bahasa.

2.Heritage/budaya


Saya lahir di Yogyakarta, di mana dengan mudah menemukan seniman baik secara individu maupun komunitas. Begitu juga dengan hasil karya yang dibentangkan di wilayah public untuk dinikmati secara cuma-cuma.  Pemerintah daerah maupun pengusaha juga memberikan dukungan untuk kegiatan budaya. Hal ini membuat saya sejak kecil terbiasa melihat sisi budaya menjadi kegiatan yang tidak asing., walaupun terkadang masih saja terkagum-kagum saat mengenal lebih jauh.

Menulis tentang budaya sedikit memerlukan usaha lebih walau tetap saja menyenangkan. Data-data seperti tanggal, pelaku sejarah, maupun penulisan istilah yang benar; menjadikan sesi wawancara serta berselancar memperoleh referensi literatur menjadi penting.

Oya heritage bukan hanya berkisar tentang seni, ataupun hasilnya namun juga mencakup lokasi(bangunan), kuliner, sejarah maupun pelaku atau saksi mata. Luas ya ternyata? Begitulah adanya semua terikat dan terkait.

Kesimpulan:


Yah begitulah dua tema besar yang paling saya sukai untuk dituliskan saat ini di blog. Untuk tema-tema yang lain tentu saya tidak menolak sepanjang ada alokasi waktu untuk mencari data serta menyusunnya. Seperti yang menjadi tulisan di blog saya ini, semua sisi hampir semua tercakup.

Jadi tema apa yang kamu sekai untuk ditulis?

#30HariMenulisBlog #BPN30DaysChallenge2018