Qasir, Solusi Kasir Digital Gratis untuk UMKM


Talkshow bersama founder Qasir,
 Tanggal 26/10/2019 di Jogja Paradise.
Dokpri

Pernah membayangkan ribetnya melakukan rekap data keuangan saat mengelola sebuah usaha? Kalau pernah, berarti sama dengan saya yang kadang sampai sakit kepala saat melakukan rekap data keuangan. Ini tadi uangnya kemana ya? barang A masih ada stok nggak ya? Kira-kira seperti itulah berbagai pertanyaan yang terlintas di kepala saat melakukan rekap data.

Nah kalau dulu untuk  mengelola usaha itu harus punya perangkat yang menunjang laporan keuangan, tentu hal ini sangat berbeda dengan era digital seperti sekarang. Qasir hadir sebagai sebuah solusi untuk pelaku UMKM seperti saya agar lebih mudah dalam mengelola usaha sehingga UMKM mampu bersaing dengan pasar modern.
Acara yang diadakan Qasir di Jogja.
Dok : Retnope

Ada sekitar 3,5 juta pedagang tradisional yang kalah bersaing dengan 35000 pasar modern. Bahkan pertumbuhan usaha pasar tradisonal ini terus menurun seiring dengan berjalannya waktu. Padahal UMKM memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi negara kita. Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia pada tahun 2017 menyatakan pangsa pasar UMKM sekitar 99,99% (62,9juta unit) dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia. Jadi untuk menjaga eksistensi dan kelangsungan hidup UMKM yang dibutuhkan tidak hanya sebuah system, tetapi sebuah ekosistem berupa teknologi, supply dan pendanaan. Teknologi seharusnya bisa membantu orang banyak. Salah satunya pelaku UMKM harus memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses teknologi, terutama yang berkaitan dengan pencatatan transaksi dan rekap secara otomatis.

CEO Qasir Michael Willem mengatakan, “ kami melihat dorongan masyarakat untuk berwirausaha semakin besar dan dampak yang dihasilkan sangat luas. Maka kami ingin berkontribusi memperkuat UKM di Indonesia dengan memberikan solusi yang signifikan bagi keseharian usaha sehingga berdampak positif secara jangka Panjang. Dengan aplikasi Point of Sales yang kami beri nama Qasir, kami menekankan proses transaksi, pembayaran dan supply chain automation dengan mendigitalisasi data pilihan produk dagangan dan mengintegrasikannya langsung dengan pencatatan akuntansi sehingga mempercepat proses perhitungan akhir. Proses ini akan menjadi data untuk mengetahui merchant mana yang membutuhkan suntikan dana mengingat 90% pengguna Qasir tidak memiliki akun rekening bank”.

Mengenal Qasir Lebih Dekat

Aplikasi Qasir sudah tersedia di playstore.
Dok : Retnope

Pada bulan Agustus 2016, aplikasi kasir digital ini pertama kali diluncurkan dengan nama Etalastic. Tetapi nama yang tidak familiar ini belum bisa diterima pasar sampai akhirnya sistem kasir online dibangun ulang dan pada awal 2017 berubah nama menjadi Qasir.

Pada awal 2017, Qasir hanya memiliki 8 orang karyawan yang setahun kemudian berkembang menjadi 15 orang karyawan. Nah pada Oktober 2019 ini tercatat ada 180 orang karyawan Qasir yang tersebar di Jakarta, Bandung, Jogja, Malang dan Denpasar.

Qasir memiliki fitur dasar sampai detail yang mudah dioperasikan oleh penggunanya. Fitur hitung transaksi dan rekap penjualan, kelola dan monitor stok barang, kelola toko dan cabang, sampai pengelolaan cashbon. Selain fitur-fitur tersebut, Qasir juga menyediakan fitur pajak yang dapat memudahkan penggunanya untuk menghitung jumlah setoran pajak secara otomatis.

Aplikasi Qasir versi mobile. 

Sistem kasir online bernama Qasir ini hadir dalam dua versi, yaitu versi mobile apps dan versi web. Nah versi mobile apps bisa dinduh secara gratis melalui apps store dan dapat digunakan untuk membantu transaksi sehari-hari.   Sedangkan versi web digunakan untuk pengelolaan manajemen sebuah UMKM seperti mengelola produk dan melihat transaksi keuangan.

Qasir memudahkan penggunanya
 dengan berbagai fitur andalan.

Aplikasi Qasir dapat digunakan secara gratis, bukan Cuma free trial saja. Nah untuk memudahkan transaksi, Qasir mendukung penggunanan smartphone khusus dengan basis android, Bluetooth printer dan Bluetooth barcode scanner.

Koneksi internet yang tidak stabil terkadang menjadi penghalang untuk usaha kecil yang ingin menggunakan basis digital. Oleh karena itu, aplikasi Qasir ini dikembangkan agar tetap dapat diakses secara offline. Sementara itu rekap dan laporan keuangannya akan masuk saat kita sudah online lagi. Sebagai solusi untuk membantu keberlangsungan usaha mikro, saat ini Qasir dalam tahap perkembangan yang berupa menjembatani pengguna dengan perusahaan pembiayaan untuk mendapatkan modal usaha. Selain itu, Qasir juga membangun jaringan dengan sistem pembayaran dompet digital seperti Dana, OVO, Linkaja dan Gopay.

Author

vika vika Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

20 komentar

  1. Wow tambah asyik aja ya.
    Era Digital membuat semua transaksi dan pembukuan yang ribet jadi mudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, jadi tambah gampang kalau belajar

      Hapus
  2. Ini baru mantap, lebih efektif dan efesien. Tapi pengusaha UMKM harus dibekali ilmunya..

    BalasHapus
  3. Saya punya usaha makanan ringan dan saya sering kesulitan mengelola keuangan. Mempertimbangkan dari berbagai fungsinya yang sangat membantu terlebih orang awam seperti saya, akan sangat baik saya coba. Terima kasih infony 🙋‍♀️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga semakin lancar usahanya ya

      Hapus
  4. Nah, ini solusi jitu bangeeett
    Pengusaha UMKM pastinya sangat terbantu dgn kehadiran Qasir.
    Jadi fokus produksi dan jualan aja, engga ribet ttg pembayaran dll hihi
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, karena perhitungan memang bikin pusing kalau tidak dilakukan secara detail

      Hapus
  5. wah makasih banget kak.
    membantu banget buat aku yg baru bikin usaha tp bingung mau pake aplikasi apa untuk kelola keuangan.

    BalasHapus
  6. Wah pas bgt nih buar saya yang akhir2 ini sedang belajar buat usaha, ternyata ada Qasir yang bisa membantu pengelolaan bisnis kita.

    BalasHapus
  7. Aku sih nggak perlu membayangkan lagi. Ngerasain sendiri pusingnya, padahal masih usaha kecil. Ada aja transaksi yang nggak kecatet :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, dari yang kecil harus displin sebelum berkembang. Semangat

      Hapus
  8. Era digital makin banyak aplikasi yg membantu hidup kita ya.

    Pengusaha umkm pasti sangat terbantu dgn Qasir ini

    BalasHapus
  9. Dengan Qadir, proses pembukaan transaksi jual beli makin mudah ya Vik. Ngirit SDM juga berarti ya vik

    BalasHapus
  10. wahh inovatif sekali.. umkm jadi terbantu juga ya.. apalagi bisa diakses dalam kondisi offline.. kerennn

    BalasHapus

Posting Komentar