Kamis, 02 Juni 2016

Mudahnya Membuka Rekening Online Bank Sinarmas dan Investasi Menguntungkan.







Dua wanita tinggi semampai berbalut seragam merah dan berulas senyum menyapa Saya sore kemarin, “Kami dari Bank Sinarmas, ingin mengantarkan kartu debit atau kartu ATM.” Dan Saya mempersilahkan account officer  yang ramah tersebut masuk ke ruang tamu. Tak membutuhkan waktu lama dan sederhana prosedurnya maka kartu debit merah sudah berada di tangan, Saya sendiri penyuka merah atau warna keberuntungan dalam budaya Tionghoa.

Saya memang mendaftarkan diri via melalui fasilitas pembukaan rekening online di website BankSinarmas, setelah sebelumnya mendapat penjelasaan dari presentasi pihak bank Sinarmas pada Roadblog 10 kota. Beberapa hari kemudian di hubungi pihak BankSinarmas. Pengantaran kartu debit merupakan salah satu daya tarik dan fasilitas dari Bank Sinarmas, dimana nasabah dapat membuka rekening online tanpa harus datang ke cabang Bank Sinarmas.

Berikut langkah-langkah mendaftarkan diri :
1. Nasabah melakukan pendaftaran pembukaan rekening online melalui website Bank Sinarmas.
2.     Nasabah akan mendapatkan Nomor Virtual Account saat selesai submit dan juga akan dikirimkan by email untuk melakukan setoran awal melalui transfer sebesar 50 ribu rupiah.
3.     Pihak Bank Sinarmas akan melakukan verifikasi singkat dan pembuatan janji bertemu untuk mengantar ATM dan tanda tangan form dengan nasabah via telpon.
4.     Petugas akan datang ke nasabah dengan membawa berkas form pembukaan rekening, kartu ATM dan PIN Mailer.
5.     Selanjutnya nasabah akan menerima notifikasi by email untuk dapat melakukan aktivasi melalui E-Mail (Rekening Approved) dan ATM dapat langsung digunakan.
6.     Untuk mobile banking dapat menggunakan aplikasi SIMOBI PLUS untuk bertransaksi (bebas biaya sms token).
7.     Bebas biaya tarik tunai di ATM bersama dengan minimal saldo Rp. 1.000.000,00

Oya bagi Anda yang juga memilih kartu kredit maka harus menyimak paparan Saya tentang perbedaan antara kartu kredit biasa dengan Secure Credit Card.  Secure Credit Card diharuskan menempatkan dana pada rekening tabungan dimana 80% dari dana tersebut akan di hold/lock oleh pihak bank penerbit kartu kredit, locking dana dilakukan sebagai jaminan atas Secure Credit Card yang sekaligus menjadi limit kartu kredit tersebut, sedangkan dana yang di lock dalam rekening tabungan akan tetap mendapatkan benefit bunga tabungan seperti biasa.
 Cara mendapatkan Secure Credit Card pun cukup mudah - nasabah tinggal datang ke kantor cabang bank penerbit kartu kredit, isi formulir pengajuan kartu kredit, dan bersedia dilakukan locking dana tabungan sebagai jaminan, setelah itu Secure Credit Card pun bisa langsung dinikmati. Sistem Secure Credit Card sendiri menggunakan metode pembayaran penuh alias full payment hanya saja Secure Credit Card memberikan tenggang waktu (grace period) bagi nasabah untuk melakukan pembayaran hingga tanggal jatuh tempo. Benefit yang bisa didapatkan dengan menggunakan Secure Credit Card pun tidak sedikit, antara lain :
·         Proses mudah dan approval lebih cepat
·         Terhindar dari hutang dan cicilan
·         Lebih aman (ada jaminan dari LPS)
·         Bunga atas dana yang dilock
·         Cashback (sesuai promo yang diberikan bank penerbit)
Namun terlepas dari fungsi serta benefit yang ada pada kartu kredit, baik kartu kredit biasa atau pun Secure Credit Card, penggunaan kartu kredit haruslah bijaksana agar tidak menyulitkan di kemudian hari, lakukan perhitungan secara matang sebelum berbelanja menggunakan kartu kredit, dan pastikan Anda mampu melunasinya ketika telah jatuh tempo.

Dan Anda tertarik dengan produk deposito? Jangan kuatir akan ketinggalan info, berikut Saya jelaskan mengenai apa saja yang perlu di perhatikan dalam membuka deposito melalui online banking:

1      1.    Nasabah sudah terdaftar layanan e-channel dengan memiliki user id, password dan token
  1. Baca syarat dan ketentuan yang belaku, khususnya hal-hal yang mencakup:
    • Sumber dana pendebetan
    • Jumlah minimum penempatan deposito
    • Tenor/jangka waktu yang tersedia
    • Opsi perpanjangan deposito (ARO dan Non ARO)
    • Periode berlaku bunga, biasanya beberapa bank menawarkan bunga tinggi untuk masa promosi saja.
    • Ketentuan mengenai pajak deposito
    • Proses penutupan deposito termasuk pinaltinya
  2. Setelah membaca syarat dan ketentuan, nasabah bisa mengisi item-item yg ada dalam aplikasi pembukaan deposito online, dan submit.
  3. Nasabah harus mendapat email konfirmasi transaksi dan e-bilyet
Amankah melakukan pembukaan deposito melalui online banking?
 Pembukaan deposito melalui online banking pada dasarnya sama dengan transaksi finansial lainnya seperti transfer, pembayaran dan pembelian, setiap transaksi finansial akan diminta OTP token dan nasabah mendapat notifikasi transaksi. Begitu juga dengan pembukaan deposito online saat nasabah menyatakan setuju dengan permohonan deposito, maka di wajibkan untuk menginput OTP token dahulu.
Apa yang membedakan dengan pembukaan deposito di cabang?
    1. Bebas antri karena bisa dilakukan melalui Internet banking atau Mobile Banking dimana saja dan kapan saja
    2. E-bilyet dikirim melalui email berbentuk PDF
    3. Depostio online biasanya menawarkan bunga yang lebih tinggi
    4. Pencairan langsung di kreditkan di rekening asal mula pendebetan
Lebih simple kan?