Perencanaan Keuangan Keluarga untuk Menghadapi Biaya Pengobatan Saat Sakit

18 komentar
Rupiah. Doc:wikipedia


Salah satu hal yang sering kali menghambat aktivitas dan juga produktivitas sehari-hari adalah kondisi kesehatan, karena memang tidak isa dipungkiri jika seandainya kesehatan ini sendiri pada dasarnya adalah hal yang sangat mahal harganya, sehingga ketika sudah terkena penyakit maka mau tidak mau sudah pasti harus berobat. Bahkan bisa jadi biaya berobat yang cukup mahal inilah yang nantinya akan menguras keuangan keluarga bukan. Jadi Itulah mengapa penting sebelumnya mempersiapkan perencanaan keuangan keluarga  terutama dalam menghadapi masalah kesehatan.

Banyak orang yang pastinya sudah merasakan gejala penyakit karena terlalu memforsir diri untuk terus bekerja, meskipun jumlah pemasukan yang Anda dapatkan tersebut besar, namun tidak sebanding dengan masalah kesehatan yang dialami bukan, belum lagi dengan banyaknya waktu yang terbuang sia-sia, quality time bersama dengan keluarga juga berkurang. Untuk itu sejak masih muda biasakan diri untuk menjaga gaya hidup dan pastikan perbanyak istirahat, sayangilah kondisi kesehatan tubuh Anda. Sehingga tidak mudah terkena penyakit saat sudah memasuki usia lanjut.


Olahraga. Doc:Wikipedia

Hanya saja juga tidak bisa dipungkiri jika seandainya penyakit memang tetap bisa menyerang siapa saja dan juga kapan saja tanpa pandang bulu. Jika sudah pasti mau tak mau harus mendapatkan pengobatan yang layak bukan. Berikut ini diantaranya beberapa solusi keuangan yang bisa digunakan untuk mengatasinya:

1.   Buatlah asuransi, memang pada dasarnya diwajibkan pada siapa saja untuk memiliki asuransi kesehatan, paling tidak belilah yang ditawarkan oleh pemerintah yaitu BPJS, karena mereka menawarkan jaminan biaya pengobatan yang preminya cukup terjangkau. Ini nantinya akan sangat berguna dalam menanggung biaya pengobatan yang kian lama jadi kian mahal, fasilitasnya cukup mumpuni meskipun nilai premi yang dibayarkan tersebut kecil.

2.   Selalu menyimpan dana darurat, selain tabungan maka cara lain untuk menjaga kesehatan kondisi keuangan adalah dengan menyiapkan dana darurat ini. dana darurat lain dengan uang tabungan karena disimpan secara terpisah dan memang umumnya digunakan untuk hal-hal yang sifatnya mendesak dan tidak masuk kedalam rincian pengeluaran pasti Anda. Termasuk diantaranya dapat digunakan sebagai biaya untuk berobat.

3. Memahami sinyal atau gejala kondisi tubuh Anda, memang pada dasarnya beberapa jenis penyakit yang diderita sudah menunjukkan gejala-gejala pada tubuh. Jika sudah mulai merasakan hal semacam ini, maka Anda diwajibkan untuk segera melakukan pengobatan, jangan menunggu nanti, karena semakin terdeteksi sedini mungkin pengobatan juga jadi kian efektif dan tidak memakan banyak biaya.

4.   Lakukan langkah preventif untuk kesehatan Anda, memang benar jika seandainya lebih baik mencegah daripada mengobati, ada berbagai macam langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan, seperti diantaranya adalah dengan rutin dalam berolahraga, jika perlu Anda dapat mengikuti gym, sehingga nantinya tubuh selalu sehat, tak masalah sedikit keluarkan uang untuk bergabung sebagai member asalkan dapatkan jaminan tubuh selalu sehat.

5.   Rutin dalam melakukan medical checkup, resiko penyakit sebenarnya dapat dicegah dengan melakukan tindakan kesehatan semacam ini, paling tidak mengecek kadar gula darah, kemudian juga kadar kolesterol untuk mengetahui kemungkinan penyakit apa yang menyerang diri Anda jika tidak mengubah gaya hidup.

Menu ilovelife. Doc: web ilovelife


Coba terapkan sendiri, karena bukan hal yang baru lagi jika seandainya sudah terserang penyakit seseorang tidak mampu melakukan kegiatan apapun, termasuk diantaranya adalah bekerja. Jadi mulai sekarang buatlah perencanaan keuangan keluarga untuk biaya medis yang sifatnya tidak terduga semacam ini.

Related Posts

18 komentar

  1. Betul sekali, perlu ada perencnaan keuangan yang baik dan dilakukan sejak dini untuk mengatasi hal-hal yang brsifat urgant. Terima kasih tipsnya.

    salam
    kidalnarsis.com

    BalasHapus
  2. Financial planning memang super duper penting ya Kak
    karena kalo ngga direncanakan, bisa bikin hidup berantakan
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Iya sih, tindakan pencegahan itu penting ya. Antara lain ya bergaya hidup sehat, rajin checkup dan menyadari gejala awal penyakit

    BalasHapus
  4. sakit memang kita tak tahu tapi tak ada salahnya sedia payung sebelum hujan terutama menjaga kesehatan ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus lagi klo kualitas payungnua terjamin mutunya

      Hapus
  5. perencanaan keuangan kayak gini emang penting banget.. terutama kalo lagi butuh pas ada yang sakit. kalo gak siap bisa bikin stress

    BalasHapus
  6. Bagus kalau emang punya pos pos khusus untuk ini itu jadi enggak bakal kelabakan. Tapi kadang sulit juga untuk konsisten ngisi posnya

    BalasHapus
  7. Harus prepare segalanya memang, kita tak pernah tau kebutuhan tidak terduga kadang datang tiba2 begitu

    BalasHapus
  8. Waiyaa..
    Harus memiliki dana darurat di rekening terpisah yaa...

    Bukan tabungan istilahnya kan yaa...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh, tabungan tuk masa depan. dana darurat tuk masa sekarang

      Hapus
  9. Setuju. Memang penting banget kita punya dana simpanan dan perencanaan keuangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan

    BalasHapus

Posting Komentar