HARBOLNAS : Hari Belanja Online Nasional yang ditunggu-tunggu

26 komentar
Histeria Syok. Doc: Blibli.com

Apa sih HARBOLNAS itu? Sudah pada tahu belum? HARBOLNAS adalah suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh berbagai e-commerce di Indonesia secara bersama-sama. Acara ini didukung oleh berbagai mitra seperti logistik, industri telekomunikasi, perbankan, dan juga berbagai media. Acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 . Diinisiasi oleh mereka yang tergabung dalam Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA) seperti Lazada indonesia, Blanja, Zalora, Berrybenka, Pinkemma, dan Bukalapak.

 Acara ini akan diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 12 Desember yang mana saat ini HARBOLNAS ini telah menginjak pada tahun ke enam. Semakin bertambah tahun semakin sukses, semakin banyak peminat, dan semakin banyak e-commerce yang ikut serta bergabung. For your information sampai tahun ini telah mencapai angka yang fantantis yaitu 250 e-commerce yang ikut berpartisipasi pada acara yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat luas ini.

Sejarah tercetusnya HARBOLNAS ini adalah mulanya terinsipirasi dari negara Kanada dan Jepang, pada negara tersebut setiap tahun akan selalu diadakan acara belanja online besar-besar yang mereka beri nama "cyber monday". Cyber Monday adalah acara yang acara yang diadakan setelah acara Thankgiving day yaitu acara tasyakuran panen raya akhir tahun. Dengan adanya cyber monday ini pelanggan online akan mendapatkan diskon besar-besaran pada semua produk secara online. Kegiatan seperti ini di negara sana mampu meningkatkan neraca perdagangan dari yang rugi menjadi untung. Berkaca dari negara-negara maju tersebut, para e-commerce Indonesia mulai terinspirasi, mengadopsi dan belajar membuat acara dengan tujuan yang serupa yang diberi nama HARBOLNAS.

Brand Deal. Doc:Blibli.com

Tujuan diadakannya HARBOLNAS ini yaitu untuk mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja, agar masyarakat Indonesia melek akan teknologi belanja online yang mana masyarakat Indonesia kini telah banyak yang menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari mereka, ini adalah tujuan yang utama. Dengan berbelanja secara online masyarakat sudah tidak perlu repot lagi jika ingin berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu tujuan utama di atas, HARBOLNAS diadakan juga bertujuan untuk memberikan kebahagiaan dan hadiah kepada masyarakat terlebih pelanggan setia masing-masing e-commerce. Tentu saja atas kesetiaan pelanggan berbelanja di berbagai e-commerce selama bertahun-tahun yang terbukti telah meningkatkan ekonomi Indonesia. Di luar itu semua, HARBOLNAS ini juga diharapkan dapat memajukan e-commerce di Indonesia ,dan tujuan ini telah tercapai. Terbukti pada awal penyelenggaraan telah mampu mendobrak dan mencetak sejarah baru di dunia perekonomian Indonesia khususnya pasar online. Telah menembus angka tertinggi pada jumlah pembeli online shop di Indonesia.

Sistem kerja HARBOLNAS yaitu akan diberikan satu hari khusus yang mana semua produk akan diberikan diskon secara besar-besaran bahkan sampai harga yang sangat tidak masuk akal. Contohnya sebuah handphone dengan harga Rp. 99,- dan lain-lain. Tetapi karena harga yang sangat terjun bebas dari harga aslinya membuat masyarakat ingin memiliki sehingga akan terjadi perebutan secara adil. Siapa cepat dia yang dapat meskipun stock yang disediakan oleh masing-masing e-commerse pun sudah sangat banyak. Tetapi karena peminat yang berlebih sehingga menjadikan banyak yang tidak kebagian.
 
Flash Sale. Doc:Blibli.com

Tak jarang ada yang bersedia membeli layanan internet tercepat dan meluangkan waktu sejak berapa jam sebelum dibukanya HARBOLNAS ini demi mendapatkan barang yang ia inginkan. Saat ini terdapat even tambahan yaitu even khusus produk lokal dari Indonesia. Jadi pada HARBOLNAS akan diberikan satu hari khusus untuk memberikan promo pada produk-produk lokal dan UMKMI. Mulai dari produk perlengkapan rumah tangga, makanan, elektronik, fashion bahkan sampai promo untuk travelling keliling Indonesia.







Related Posts

26 komentar

  1. oohhh desember toh. kemaren aku ikutan harbolnas yang diadain satu brand pakaian. namanya juga diskon harbolnas

    BalasHapus
  2. Mumpung masih sebulan lagi, masih ada waktu buat ngelist barang-barang yang dibutuhkan, nabung.. supaya bisa ikutan harbolnas bulan depan..

    BalasHapus
  3. saya suka intip intip ini harga pas Harbolnas. Intip aja, kalau beneran dipelototin jadi kalap.

    BalasHapus
  4. Harga gak masuk akal tapi emang cuma ada di momen langka seperti saat harbolnas. Gak boleh disia-siakan

    BalasHapus
  5. aku paling semangat menyambut HARBOLNAS, banyak cashback dan diskonnya gede2an hehehe

    BalasHapus
  6. Tinggal menghitung hari untuk 12 Desember, persiapkan isi dompet kita borong pada Harbolnas tahun ini, tapi ingat harus bijak berbelanjalah kebutuhan bukan keinginan :)

    BalasHapus
  7. Daku nungguin harbolnas nih kak, soalnya tahun lalu, berlalu gitu saja karena sibuk saat itu

    BalasHapus
  8. Wah, kudu siap-siap mulai dari sekarang incar barang idaman dan berburu promo pas harbolnas nanti. He, he...

    BalasHapus
  9. Aku gak pernah ikutan harbolnas. Duuh.

    BalasHapus
  10. Aku belum pernah ikutan harbolnas, hehe pengen juga seru-seruan dapat barang murah. pernah sekali ikutan flash sale punya salah salatu marketplace, itupun ngos-ngosan ternyata harus transfer sebelum 30 menit dari deal transaksi. mana nggak punya mbanking lagi, hehe..

    BalasHapus
  11. Belum pernah ikutan Harbolnas nih. Pas lagi butuh, eh bukan tanggal itu hehehe.

    BalasHapus
  12. Andai harga Samsung S9 plus cuma didapat dg Rp.99. aku bakal borong 10 biji. Tak bagi2 🤭🤭

    BalasHapus
  13. Harbolnas ini yang ditunggu-tunggu mereka yang suka bela ja online habisnya banyak promo menarik sih

    BalasHapus
  14. Masih bisa persiapan, bulan Desember masih agak lama. Lumayan bisa dapat belanja murah lewat harbolnas

    BalasHapus
  15. Sekarang Harbolnas jadi sering banget deh, gak cuma bulan Desember. Kemarin tanggal 10.10 & 11.11 juga iya... Puncaknya nih tgl 12.12

    BalasHapus
  16. Gak sabar nih tunggu 12.12, pengen banget ini ganti smartphone, kali rejekinya bisa ketebus 99, Aamiin😁

    BalasHapus
  17. Jurus saat Harbolnas tuh: kenceng sinyal internet, dompet tebel, mantengin harga2 cantik trus gercep. Hehe. Memang menggoda sekali. Tetap harus waspada agar kantong gak jebol, yaa. Saya woles untuk 11.11 tapi mungkin agak "buas" pas 12.12 nanti karena udah rencanain yg mau dibeli ;)

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah ikut memanfaatkan harbolnas 11.11 kemarin, belanja panci 1set. Trs beli sepatu juga. Pilah pilih dengan produk yg Sama pilih yg free ongkir tentunya.

    BalasHapus
  19. Tahun kemarin gak ikut Harbolnas,, mudah²an 1212 nanti bisa ikutan,, seru kayanya berburu barang murah. Hehe

    BalasHapus
  20. Harbolnas ini bnr bnr bikin para penjual online untuuuuung ya mbk. Klo aku harbolnas ini cma beli 2 pants zumba krena emng cm butuh itu sja mbk dn bukan penggila shopping hehe

    BalasHapus
  21. ini saya banget... nunggu-nunggu moment harbolnas demi ngeborong-borong. hehehe

    BalasHapus
  22. Takut kalap. Tapi pengen. Ah jadi galaw. Haha

    BalasHapus
  23. Wah, harbolnas samgat membantu ya untuk para moms yang ingin berbelanja dengan dana terbatas

    BalasHapus
  24. HARBOLNAS memang menguntungkan sebagian banyak orang yang disbukkan dengan pekerjaan. Tapi dengan banyaknya sistem pembelanjaan seperti ini tidak jarang menimbulkan perilaku konsumtif dan kurang bergerak

    BalasHapus

Posting Komentar