Kamis, 25 Oktober 2018

Hong Kong Disneyland, Liburan Mewah dengan Harga Hemat ? Bisa!


Doc: Wikipedia



Hong Kong. Apa yang ada dipikiranmu jika mendengarnya? Yang dipikiran saya saat masih kecil, mengenai salah satu kota di Tiongkok pada awal alinea tersebut selalu berkaitan dengan film kungfu. Maklum setiap malam pada sabtu, kami sekeluarga bertandang ke bioskop menyaksikan sederet bintang laga dengan bahasa mandarin. Setelah dewasa, ternyata Hong Kong juga berikat erat dengan Disneyland.  Benar, Hong Kong Disneyland 

Wahana Impian Masa Kecil Hingga Dewasa


Kungfu Monk. Doc: Wikipedia


Iya satu nama yang selalu menemani hampir setiap anak kecil dengan tokoh kartunnya. Kombinasi yang membuat saya ingin terbang traveling solo ke kota tersebut secepatnya. Akankah Donal Bebek juga mahir jurus kung fu saat berdiam di Hong Kong Disneyland?

Iya, si bebek cerewet dengan kustom pelaut adalah idola saya walau Paman Gober menjadi panutan. Saya jadi teringat kebiasaan saat sudah bisa membaca abjad, yang menjadi pilihan adalah majalah Donal Bebek. Mulai makan malam, kudapan dihadirkan, hingga sarapan tiba tidaklah lengkap tanpa Donal Bebek terlihat. Pernah sampai satu kali saya mendapat teguran dari ibu karena isi piring urung beranjak ke dalam perut.

Akankah kejadian tertundanya waktu makan kembali terjadi saat saya sudah mendarat di Hong Kong Disneyland? Mungkin akan terjadi déjà vu jika memang liburan benar terlaksana sesuai rencana. Berhubung saya termasuk perfecsionis dan suka detail maka rencana liburan juga mengalami proses yang sama. Segala harus ditata dengan lengkap mulai dari bekal baju, tiket, akomodasi, bekal nominal serta guide bahasa.

Kenapa opsi guide disertakan? Tentu saja karena akan mempermudah semua proses belanja serta liburan jika bahasa pengantar saat menawar juga sama. Di Jogja, biasanya bila menawar barang dengan bahasa jawa maka sedikit mendapat potongan harga loh. Ahkirnya saya berencana mengajak sahabat saya yang mahir mandarin serta bahasa inggris lisan. Kadang memang lebih menyenangkan jika liburan bersama sahabat, disamping juga ada unsur berhemat.

Liburan Mewah dengan Harga Hemat


Doc: Wikipedia

Unsur berhemat juga menjadi acuan utama saat memilih sarana transportasi menuju lokasi liburan. Menghemat waktu, energi, mental, oleh-oleh, serta biaya masuk tiap lokasi, piranti komunikasi juga menjadi penentu bila ada lebih dari satu pilihan. Saya membutuhkan data-data yang valid dari tiap aspek yang menjadi acuan sebelum memilih. Terkesan terlalu serius untuk sebuah perjalanan liburan?

Untuk mempermudah perolehan data tersebut, maka berselancar di dunia maya patut dilakukan. Terutama bila menyangkut harga tiket yang terkadang tidak menentu dan jika tidak diselesaikan dengan cepat, maka keinginan untuk liburan jadi surut. Pernah saya mencari tiket secara manual di dunia maya, namun ujung-ujungnya kemudian putus asa karena lelah. Tak berselang lama mencoba membuka Play Store dan menemukan apikasi yang memberikan banyak piiilhan agar bisa berhemat walau sedang liburan.

Traveloka kemudian menjadi pilihan ibu jari saya dulu saat harus memesan tiket baik kereta api maupun pesawat terbang. Di samping memang sudah lama menjadi rujukan pertama saat saya ingin menempuh perjalanan ke luar kota. Tak membutuhkan banyak waktu saat aplikasi selesai terpasang di gawai, maka sudah siap digunakan.


Tampilan Traveloka via web. Doc:Pribadi


Saat pertama kali melakukan pencarian dengan aplikasi yang memerlukan memori 17mb saja, saya sedikit terpaku. Tidak menyangka data yang diperlukan mengenai perbandingan harga cepat disajikan.  Jika dulu saya menggunakan untuk hunting tiket kereta untuk sarana di dalam negeri, maka kali ini tujuannya ke Hong Kong Disneyland dengan pesawat terbang.

Sama seperti harga tiket kereta yang lengkap serta murah, maka begitu juga yang terjadi dengan tiket pesawat terbang. Bila muncul pertanyaan bagaimana dengan hotel?  Sama saja kena harga yang didapat adalah harga benar menghemat. Berhubung Traveloka ternyata juga menyediakan fasiiltas memesan tiket tempat wisata, maka segeralah saya memakai sarana pencarian untuk menghemat waktu. Seperti yang terlihat di gambar di bawah, maka beberapa opsi tersaji lengkap dengan dana yang akan terpakai.

Wikipedia


Kalau sudah melihat detail data maka yang kita perlukan adalah mengajak orang-orang tercinta kita juga ikut. Dengan harga yang murah maka kita berhemat banyak namun tetap bisa meniikmati liburan. Duh ya, baru hunting tiket saja saya sudah tak sabar untuk terbang. Yuk kita liburan bersama ke Hong KongDisneyland. Mau tanggal berapa?






Artikel terkait traveling: Minuman dan Minuman Khas dari Semarang